Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Monash University Buka Kampus Indonesia Di Kabupaten Tangerang

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar
dan pimpinan Monash University.
(Foto: Istimewa)  


NET - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim meresmikan Monash University Kampus Indonesia di Kabupaten Tangerang, Kamis (14/4/2022). Peresmian ditandai dengan pemukulan gong dihadiri Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, di Bumi Serpong Damai (BSD) Green Office Park Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Bupati Tangerang mengatakan senang dan sangat bersyukur dengan dibukanya Kampus Monash University Indonesia. Nanti masyarakat  Kabupaten Tangerang maupun di luar Kabupaten Tangerang banyak pilihan yang akan dituju khususnya kampus luar negeri tanpa mereka harus bersekolah ke luar negeri.

"Monash University itu kualitas pendidikannya sangat luar biasa. Jadi harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kami dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang mendukung program pembukaan kerjasama dengan universitas dari luar negeri," ujar Bupati Zaki.

Menurut Bupati Zaki, Pemerintah daerah akan memberikan beasiswa bagi Aparatur Sipil Negera (ASN) dan masyarakat atau siswa-siswi yatim piatu yang kurang mampu dan berprestasi untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi melalui program beasiswa.

"Mungkin, kita akan tunggu program Stara Satu (S-1)-nya ataupun kursus-kursus singkat dari Monash University untuk program beasiswa. Kalau sudah ada program itu, baru kita ajukan untuk beasiswa untuk masyarakat Kabupaten Tangerang," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Nadiem Makarim mengapresiasi adanaya Monash University. Pembukaan dan peresmian tersebut benar-benar suatu model pendidikan di abad ke-21 yang perlu diadopsi dan direplikasi.

"Presiden Jokowi menginginkan begitu banyak kolaborasi di dalam institusi pendidikan kita dengan institusi lain serta pemerintah. Selama ini, saya berputar-putar berbicara dengan berbagai macam universitas top di dunia, saya ‘Berjualan’. Monash sudah paham potensi Indonesia bukan hanya potensi ekonomi, potensi lain di Indonesia yakni potensi kemitraan yang bisa dilakukan melalui institusi pendidikan," ucap Nadiem.

Nadiem berharap selain Monash University nantinya akan semakin banyak universitas dari Australia, Amerika, Eropa, Jepang, Cina, Kanada, dan Singapura yang sistem pendidikan sudah sangat baik akan membuka kampusnya di Indonesia.

Peresmian University Kampus Indonesia dihadiri Dubes Australia, Group CEO Sinar Mas dan segenap jajaran civitas Monash University Kampus Indonesia. (bah)

Post a Comment

0 Comments