Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Membludak Pemudik Di Pelabuhan Merak, Pemprov Banten Intensifkan Koordinasi

Pengendara sepeda motor ikut sebagai
pemudik membanjiri Pelabuahn Merak.
(Foto: Istimewa)  

NET – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus meningkatkan kordinasi dengan PT ASDP (Persero) Merak, TNI dan Polri serta beberapa stackholder terkait lainnya guna kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2022.

Koordinasi itu penting dilakukan sebab, Pemprov Banten mempunyai peranan dalam kelancaran arus mudik, terlebih tahun ini merupakan kali pertama pemberlakuan mudik setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan karena Pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten Tri Nurtopo seusai mengikuti rapat kordinasi bersama Sekjen Kementrian Perhubungan (Kemenhub) di kantor PT ASDP Merak, Kamis (28/4/2022) mengatakan ada beberapa evaluasi serta solusi yang harus dilakukan guna memperlancar arus mudik yang melalui Pelabuhan Merak.

"Pertama terkait dengan antrian kendaraan di puncak arus mudik ini yang perlu diantisipasi. Jangan sampai mereka menumpuk di dermaga Pelabuhan dalam waktu yang cukup lama," ucap Tri Nurtopo.  

Untuk itu, kata Nurtopo, berdasarkan hasil rapat tadi pihak ASDP mengatur sedemikian rupa terhadap arus masuk kendaraan di Pelabuhan Merak yang bekerjasama dengan berbagai unsur seperti TNI dan Polri.

"Guna menghindari penumpukan di dalam Pelabuhan, kendaraan yang masuk dipastikan yang sudah mempunyai tiket dengan jeda waktu keberangkatan yang cepat," ujarnya.

Sedangkan untuk kondisi di luar Pelabuhan, kata Tri, juga ada pengaturan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan yang dilakukan bersama-sama termasuk dengan pengelola jalan tol, PT Astra Toll Road Tangerang-Merak, TNI dan Polri serta petugas Dishub Provinsi yang juga ikut dikerahkan.

"Jadi saling bersinergi. Termasuk dari Pemprov Banten yang turut andil dalam mensukseskan kelancaran arus mudik ini," pungkasnya.

Sejak awal Pemprov Banten terus melakukan komunikasi secara intens di momen pertama arus mudik kembali diperbolehkan oleh Pemerintah ini. Sebab jika kemacetan lalulintas terjadi mengular di luar Pelabuhan dalam waktu lama, maka akan meresahkan masyarakat sekitar pengguna jalan.

"Dampak sosial yang timbul di masyarakat itu yang kami antisipasi. Jangan sampai terjadi. Tapi Alhamdulillah sejauh ini kondisinya masih aman terkendali," ucapnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments