Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mulai 1 April 2022, Bandara Soetta Aktifkan Kembali Terminal 1



Terminal 1 Bandara Soetta. 
(Foto: Istimewa) 


NET - Bandara Soekarno-Hatta mulai 1 April 2022 mengaktifkan kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat.

Presiden Direktur Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan sebelumnya, dilakukan pembatasan operasional dan penonaktifan Terminal 1 sejak 2020 sejalan dengan penyesuaian operasional Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi Covid-19 guna memperketat protokol kesehatan dan memperhatikan efektivitas operasional secara keseluruhan.

“Pada bulan lalu Sub Terminal 1A sudah mulai diaktifkan hanya untuk melayani kedatangan penumpang pesawat pada penerbangan terakhir setiap harinya (last flight arrival) untuk sejumlah penerbangan domestik,” ujar Awaluddin kepada wartawan di Jakarta.

Mulai 1 April 2022, kata Awaluddin, Sub Terminal 1A secara penuh akan melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang rute domestik. Maskapai yang akan beroperasi di Sub Terminal 1-A mulai 1 April ini adalah Airfast. Kemudian diikuti dengan Super Air Jet mulai 6 April, lalu  Sriwijaya Air Group mulai 12 April dan AirAsia Indonesia juga mulai 12 April.

“AP II memastikan seluruh bandara yang dikelola, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, untuk dapat beroperasi tangguh dan cepat beradaptasi dengan dinamisnya situasi dan kondisi di tengah pandemi COVID-19,” ucap Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin menjelaskan saat ini Bandara Soekarno-Hatta perlu melakukan penyesuaian operasional dengan pengaktifan kembali Terminal 1 untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang, dan AP II bersama stakeholder sudah siap menjalani ini mulai 1 April 2022.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat guna tetap memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik sejalan dengan tren lalu lintas penerbangan yang ada.

“Mulai 1 April 2022, Terminal 1 kembali melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat. Saat ini AP II dan stakeholder tengah melakukan berbagai persiapan teknis guna memastikan pengaktifan dapat berjalan lancar dengan terpenuhinya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan,” tutur Agus.

Pada 7 hari terakhir, kata Agus, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta konsisten di atas 100.000 orang per hari. Bahkan pernah juga menyentuh 140.000 orang per hari atau sekitar 70 persen dari pergerakan penumpang harian sebelum adanya Covid-19 yang sebanyak 200.000 orang per hari.

“Tren lalu lintas penerbangan yang ada ini juga menjadi latar belakang diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan,” ujar Agus Haryadi.

Agus Haryadi menuturkan pengaktifan kembali Terminal 1 disiapkan juga untuk mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2022.

“Periode Angkutan Lebaran 2022, baik itu arus mudik dan arus balik, adalah menjadi periode yang harus diperhatikan. Pengaktifan Terminal 1 ini untuk mengakomodir dan memastikan kelancaran Angkutan Lebaran dalam,” jelas Agus Haryadi.

AP II akan memastikan kesiapan personel dan fasilitas untuk aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan di Terminal 1. Sejalan dengan aktifnya Terminal 1 per 1 April 2022, maka keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawt di Bandara Soekarno-Hatta dilayani 3 terminal yaitu melalui Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments