Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Nenek Ber-Highheel Bergaya Seperti Model. Mantaaaafff

Ilustrasi, seorang nenek usia 67 tahun 
menikah dengan laki-laki muda. 
(Foto: Ist/wowmenariknya.com) 



Oleh: Nur Hidayat



SEORANG nenek, berambut dan berbaju putih, (ide usil siapa) memakai sepatu high heel. Weleeejh. "Tamtu wae jalannya" tak karuan. Ke kiri kanan, tidak beraturan. Hampir jatuh. Kasihan banget kalau sampai jatuh. Sakitnya tak terperikan. Kepalanya bisa memar berat. Dapat gegar otak.

Mungkin beliaunya sudah pikun. Tak ingat apa yang sudah dilakukannya. Tak pula sadar tentang apa saja sebelumnya. Bisa makan sehari enam kali, meskipun hanya beberapa suap. Cuma ingat kalau dia belum makan. Baru 15 menit makan, dia sudah minta diambilkan makan lagi. Kumaha ?

Bergaya, ikut trend (kalau bisa malah yang bikin ngetrend), adalah sikap dasar wanita. Itu di seluruh jagad terjadi. Menolak mengikuti trend dicap "ketinggalan zaman". Kuno. Nggak gaul. Orang kayak dia -- yang tidak trendi -- kerap dijauhi teman seumur dia.

Dengan bijaksana

Mereka yang terlanjur kaya atau punya materi berlimpah dari hasil kerja keras, lebih menghargai apa yang sudah dimiliki dengan bijaksana.

Tiga perempuan ini punya gaya hidup sederhana walau berlimpah materi.

1.       Priscilla Chan: Sejak Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, menyuntingnya, Priscilla tidak lepas dari sorotan. Banyak perempuan iri karena berpikir kalau jadi isteri jutawan itu enak sekali. Hidup bergelimang harta tak terperi.

Anehnya, dia bergaya hidup yang "jauh dari kata" sombong: apalagi glamor. Sebelum menikah dengan Mark pun Priscilla dikenal sebagai sosok sederhana.

Gaya busananya sangat simpel dan merakyat. Padahal kalau mau, Priscilla bisa membeli fashion bermerek terkenal. Semahal berapa pun.

2.       Nuniek Tirta Sari. Dia pernah ramai diperbincangkan para netizen. Isteri Direktur Tiket.com ini bikin heboh saat fotonya menyebar di dunia maya. Itu karena busana yang dikenakannya hanya seharga Rp 50 ribu.

Menurut Nuniek, penghasilan yang besar "bukan berarti" harus dihabiskan. Apalagi hanya untuk menunjang gaya hidup. Ia lebih memilih "memaksimalkan uang" untuk investasi, tabungan masa depan atau membeli properti. Sesekali mereka juga suka jalan-jalan liburan.

3.       Michelle Obama. Gaji presiden AS, Barack Obama, menurut kajian Statista yang dilansir CNBC, memperoleh gaji sekitar USD 400 ribu. Setara dengan Rp 5,2 miliar per tahun.

Dalam setiap kesempatan, Michelle selalu tampak elegan dan menarik dengan tampilan yang "nggak lebay". Ia juga nggak ragu mengenakan fashion murah.

Berikut adalah kata bijak dari tiga miliarder perempuan.

1. "Rasa takut bukanlah tidak adanya rasa takut, melainkan penguasaan rasa takut. Itu tentang bangun sekali lagi daripada kita jatuh." - Arianna Huffington.

2. "Pekerjaan yang memenuhi hidup bukan tentang uang. Ketika Anda merasakan hasrat sejati untuk sesuatu, Anda secara naluriah menemukan cara untuk memeliharanya." - Eileen Fisher.

3. "Bangun kesuksesan bisnismu di sekitar sesuatu yang kamu sukai dan menarik bagi dirimu." - Martha Stewart.

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa apabila umat Islam memiliki sifat sombong, maka mereka akan menjadi "penduduk neraka".

Haritsah bin Wahb Al Khuzai’i berkata bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabur (sombong).” (HR Bukhari dan Muslim).

Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS Luqman: 18).

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau bersabda, “Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” 

Ada seseorang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR Muslim). (***)

 

Penulis adalah pemerhati social dan kebangsaan.

Post a Comment

0 Comments