Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Vaksinasi PMI Kota Tangerang Gaet Warga Belum Divaksin

Warga saat menerima suntikan vaksin 
dari petugas medis PMI Kota Tangerang. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Program vaksinasi massal masih terus massif dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI), khususnya oleh PMI Kota Tangerang dalam upaya mendukung program Pemerintah. Dengan maksud dan tujuan menekan penyebaran virus Covid-19 untuk bekal imunitas masyarakat terhadap kekebalan tubuh.

Penyelenggaraan vaksin yang dibuka oleh PMI Kota Tangerang bersama pemangku kepentingan di Jalan Mayjen Sutoyo No. 15, Sukarasa, Kota Tangerang yang dimulai dari pukul 08.00 sampai selesai cukup memantik perhatian lebih masyarakat sekitar. Karena banyak masyarakat yang membutuhkannya, ada membutuhkan dosis pertama atau dosis kedua.

Vaksin yang dilaksanakan pada Sabtu (4/12/2021) cukup menarik perhatian dari masyarakat Kota Tangerang atau bahkan ada juga dari Jakarta berbondong-bondong datang untuk mendapatkan dosis pertama maupun dosis lanjutan.

PMI Kota Tangerang bersama pemangku kepentingan yang di dalamnya seperti Crew Ambulans, Korps Sukarela (KSR), Unit Donor Darah, dan tenaga dokter dari luar telah menyiapkan sekitar kurang lebih 900 vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

Pada pelaksanaan vaksin diberikan secara bertahap yakni Sinovac untuk dosis 2, Pfizer untuk dosis 1, dan 2, dan Moderna untuk dosis 2. Sentra vaksin PMI Kota Tangerang ini tidak menetapkan target harian, karena vaksin dilaksanakan hanya untuk mengejar sisanya saja  atau masyarakat yang belum divaksin.

Dokter Dian, salah satu Unit Donor Darah mengatakan kegiatan vaksinasi ini merupakan bentuk upaya untuk pemerataan vaksin terhadap masyarakat agar semua masyarakat mendapatkannya.

“Penyelenggaraan vaksin ini tidak menetapkan target, hanya mengejar sisanya saja bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi dosis 1 atau dosis 2-nya saja. Sentra vaksin PMI Kota Tangerang pun mendapatkan bantuan dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang dan Instalasi Farmasi,“ ujarnya.

“Program akan dilanjut secara rutin sampai pertengahan bulan Desember, karena sekitar tanggal 23 Desember 2021 nanti sudah alih fokus ke hari besar Natal serta libur akhir tahun. Program vaksin akan dilanjut kembali pada bulan Januari. Spesial hari ini tanggal 4 Desember 2021 ada moderna, dan kuota untuk moderna tidak terbatas karena memang pada saat ini moderna sangat dicari-cari oleh masyarakat, “ tuturnya.

Penyelenggaraan pun, kata Dian, biasanya dilaksanakan pada hari libur atau weekend saja. “Karena sentra vaksin di Puskesmas libur sehingga masyarakat banyak yang hadir atau datang ke sentra vaksin yang diadakan oleh PMI Kota Tangerang ini,” ucap Dian. (*/pur)

 

Post a Comment

0 Comments