Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Andika Minta ICDB Bantu Tingkatkan Kemampuan UMKM Kelola Usaha

Wagub Andika Hazrumy dan pengusaha. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy menghadiri pelantikan Airin Rachmi Diani, menjadi ketua pada kepengurusan Indonesia Council  for Small Business (ICSB) wilayah Banten oleh Incoming Chair ICSB Global Hermawan Kartajaya di Tanjung Lesung Resort, Kamis (18/11/2021). Andika meminta ICSB membantu pemberdayaan UMKM di Banten.

Pengurus ICSB Wilayah Banten, kata Andika, diharapkan membantu Pemerintah Daerah dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Banten dalam peningkatan akses menembus pasar regional maupun internasional. Hal itu,mengingat keanggotaan ICSB sudah menyebar ke-85 negara.

"Saya berharap ICSB Provinsi Banten menjadi mitra strategis Pemerintah Provinsi Banten dalam mencetak pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berorientasi ekspor," ujar Andika.

Andika menjelaskan Andil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bagi perekonomian memang tidak diragukan lagi. UMKM memiliki tingkat penyerapan tenaga kerja yang tinggi dan memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan penyerapan tenaga kerja.

Memasuki era ekonomi digital saat ini, kata Andika, mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu keniscayaan. "Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam konsepsi ekonomi digital harus menjadi perhatian kita bersama," imbuhnya.

Airin yang mantan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) itu mengatakan pelantikan jado pemimpin ICSB Banten adalah sebuah amanah berat yang harus dipertanggungjawabkan. "Mohon doanya agar kami bisa mengemban amanah ini  yakni memberdayakan UMKM di Banten," ucapnya.

Airin mengatakan amanah memberdayakan UMKM saat ini terasa sangat berat mengingat kondisi UMKM yang tengah tertimpa pandemi Covid-19. Meski begitu, rasa optimistis dengan dikerjakan secara bersama-sama oleh semua pihak yang dengan sukarela mau bahu membahu mengangkat derajat UMKM di Banten khususnya, cita-cita tersebut dapat mewujud.

Untuk diketahui, ICSB Indonesia adalah organisasi non-profit yang fokus pada pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta penyebaran semangat kewirausahaan. ICSB Indonesia merupakan bagian dari ICSB yang berdiri sejak 1955 dan merupakan organisasi global pertama yang memiliki perhatian terhadap pengembangan dan edukasi untuk usaha kecil di seluruh dunia

Saat ini ICSB berkantor pusat di Washington D.C. dan telah memiliki jaringan di 85 negara. Indonesia sendiri bergabung secara aktif dengan jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa dari A.A.G.N. Puspayoga dan Hermawan Kartajaya. Dengan dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, ICSB Indonesia terus berupaya untuk  mengembangkan jaringan hingga ke seluruh Provinsi di Indonesia.

ICSB Indonesia didukung oleh 4 pilar utama yang saling bersinergi untuk memperkuat perkembangan UKM di tanah air, yang meliputi Pemerintah, Akademisi, Periset, serta Praktisi Bisnis. Hingga saat ini ICSB Indonesia telah melibatkan unsur-unsur tersebut dalam berbagai kegiatan yang diadakannya, baik di tingkat nasional maupun lokal (daerah). (*/pur)

Post a Comment

0 Comments