Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hari Kesaktian Pancasila, Dibentuk Satgas Covid-19 Kelas Di Setiap Sekolah

Seorang pelajar yang dipercaya menjadi 
Satgas di kelas SMP Negeri 13. 
(Foto: Istimewa) 


NET - Bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meresmikan terbentuknya Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di setiap kelas Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Tangerang.

Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah menuturkan pembentukan Satgas Covid-19 di setiap kelas menjadi bagian dari upaya Pemkot untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan dalam berjalannya proses pembelajaran tatap muka secara terbatas.

"Nantinya diharapkan dapat dibentuk bukan hanya di level SMP, namun juga bisa diimplentasikan di tingkat SD, SMA dan perguruan tinggi," ujar Walikota pada acara launching Satgas Covid-19 kelas di SMP Negeri 13 Kota Tangerang, Jalan Perintis Kemerdekaan I No. 3, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Jumat (1/10/2021).

Acara tersebut dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek Jumeri.

Arief menjelaskan dengan adanya Satgas Covid-19 setiap kelas, penularan di sekolah pada masa pembelajaran tatap muka terbatas dapat diminimalisir.

"Evaluasi PTM terbatas dan testing tetap akan terus dilakukan," ucap Arief. 

Arief  menyebutkan hal itu menindaklanjuti temuan kasus positif Covid-19 pada 27 warga sekolah di 15 SMP Kota Tangerang. Pemkot Tangerang bersama Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen PAUD Disdakmen), Kemendikbud, Jumeri meresmikan program Satgas Covid-19 tingkat kelas, di 148 sekolah yang sudah menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek Jumeri mengungkapkan pembentukan Satgas Covid-19 di kelas sangat diperlukan dan sesuai dengan instuksi dari SKB 4 Menteri bahwa di setiap sekolah harus memiliki satuan tugas Covid-19.

"Rekomendasi kami di sekolah, tapi di Kota Tangerang dibentuk hingga di tingkat kelas," tutur Jumeri.

Jumeri mengatakan menjadi contoh yang baik untuk disebarluaskan agar dapat direplikasi oleh daerah lain di Indonesia, dengan tujuan pembelajaran tatap muka bisa terus dilakukan dengan memperhatikan risiko yang ada.

"Demi terjaganya kualitas pendidikan bagi pelajar di Indonesia," pungkasnya. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments