Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Antisipasi Banjir, BPBD Kota Tangerang Siagakan Petugas 24 Jam

Salah satu cara mengatasi banjir dengan 
perbanyak sumur resapan dibuat BPBD. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menyiapkan sarana maupun prasarana, sebagai antisipasi bencana saat musim penghujan. Hingga saat ini, sederet pencegahan pun dilakukan.

"Penanganan banjir lebih kepada tindakan minimalisir, supaya tidak terjadi banjir yang lebih besar. Dengan itu, BPBD tidak bisa berdiri sendiri, maka kita terus berkoordinasi dengan jajaran Dinas Perkim (Perumahan dan Pemukiman-red) dan PUPR (Pekerjaan Umum dan Penata Ruang-red)," ungkap Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koswara saat dihubungi, Selasa (19/10/21). 

Deni  menjelaskan BPBD telah membersihkan dan mengecek kelayakan 24 perahu, motor temple, dan tenda pengungsian. Selain itu, BPBD juga menyiagakan tim 24 jam untuk siap siaga tindakan cepat, jika terjadi bencana.

"BPBD juga memperkuat sosialisasi mitigasi melalui 20 Kampung Tanggung Bencana, yang tersebar di Kota Tangerang. Sehingga, banyak masyarakat yang mengetahui betul apa yang bisa dilakukan saat bencana tiba dan tim BPBD belum hadir," jelasnya.

Di samping itu, BPBD setiap harinya terus berkoordinasi dengan Tim Bendungan Batu Belah terkait kondisi debit air harian di sana. "Sehingga, Bendungan Pintu Air 10 dapat mengatur ketinggian sehingga meminimalisir luapan air yang berlebihan dan mengakibatkan banjir besar," tutur Deni.

BPBD menerima laporan cuaca setiap harinya melalui Badan Meteorologi Kimatologi  dan Geofisika (BMKG). Hasilnya, BPBD akan merillis ke pihak kecamatan untuk dipantau, diantisipasi dan disikapi secara cepat, untuk menjaga masing-masing wilayahnya.

"BPBD pastinya berkomitmen untuk bergerak dalam pembinaan, pra bencana, tanggap darurat hingga pasca bencana. Ini butuh kerjasama masyarakat, untuk tidak membuang sampah, rutin gotong royong, dan tidak segan melaporkan titik-titik genangan untuk segera ditangani oleh OPD (Organisasi Perangkat Daedrah-red) terkait," imbaunya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments