Pemkab Serang Salurkan 45 Ekor Hewan Qurban Ke Panti Asuhan

Baca Juga

Penyerahan sapi kepada salah  
seorang pengurus panti asuhan. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menyalurkan sedikitnya 45 ekor hewan qurban ke sejumlah yayasan, pondok pesantren (Ponpes) dan panti asuhan yang terkumpul sampai Senin (19/7/2021). Dari 45 ekor tersebut terbagi sebanyak 22 ekor sapi dan 23 ekor kambing.

Kepala Bagian Kesra Kabupaten Serang Febrianto mengatakan penyaluran hewan qurban dilakukan pada Senin 19 Juli 2021. Penyaluran dilakukan kepada yayasan, ponpes, dan panti asuhan.

Namun karena saat ini masih dalam masa pandemi, kata Febrianto, disarankan kepada penerima untuk pemotongan hanya dihadiri panitia qurban saja. Bahkan untuk pemotongan hewan kurban tersebut diminta tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak berkerumun.

"Setelah itu, panitia yang membagikan daging qurbannya ke masing-masing mustahiqnya," ujar Febrianto melalui keterangan tertulisnya yang disiarkan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) pada Selasa (20/7/2021).

Febri mengatakan untuk jumlah hewan qurban yang akan disalurkan tahun ini sebanyak 45 ekor. Terdiri atas 22 ekor sapi dan 23 kambing. "Jumlah itu finalnya hari Senin kemarin," tuturnya.

Tahun ini, imbuh Febri, ada penurunan jumlah hewan qurban. Namun demikian penurunan tidak signifikan. Penurunan hanya 2 sampai 3 ekor saja. "Ibu Bupati, Pak Wakil, dan Pak Sekda juga berqurban," katanya.

Sedangkan terkait shalat Idul Adha, Febri mengatakan tidak akan dilakukan pada tingkat kabupaten. Mengingat pada 20 Juli masih dalam masa PPKM.

"Tapi tetap kita mesti mendalami kondisi wilayah aman atau tidaknya. Karena masih banyak masyarakat yang terkena Covid 19," tuturnya.

Sementara, Asisten Daerah (Asda) I Setda Kabupaten Serang Nanang Supriatna mengatakan untuk teknis penyembelihan dan penyaluran hewan qurban tetap harus menggunakan prokes ketat.

"Pakai prokes yang ketat, jaga jarak, pakai masker, dan tempat penyembelihannya disemprot disinfektan agar steril dulu," ujarnya.

Ia mengimbau kepada Panitia, untuk pembagian qurban melalui pembagian kupon. Jika di lingkungan agar daging dibagikan ke rumah masing-masing oleh panitia, sehingga dengan demikian tidak berkerumun. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments