Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Akibat Lonjakan Covid-19, Kebutuhan Oksigen Di RSUD Meningkat Tajam

Direktur RSUD Kota Tangerang  
dokter Dini Anggraeni. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Lonjakan jumlah kasus Covid-19 di Kota Tangerang menyebabkan kebutuhan oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang meningkat tiga kali lipat. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur RSUD Kota Tangerang dokter Dini Anggraeni.

"Jadi, seiring meningkatnya jumlah pasien covid yang membutuhkan oksigen, maka kebutuhan oksigen/ flow gasnya pasti meningkat," tutur Dini kepada wartawan, Rabu (23/6/2021).

Meski demikian, kata Dini, peningkatan kebutuhan oksigen tersebut sudah diantisipasi oleh manajemen RSUD Kota Tangerang. Dengan menambah 2 kali lipat ukuran evaporator dan pengisian gas medik 3 kali lipat dari kebutuhan normal.

"Kebutuhan oksigen pasien di rumah sakit difasilitasi melalui instalasi gas medik. Dan kemarin di RSUD, kami sudah menambah 2 kali lipat ukuran evaporator dan pengisian gas medik 3 kali lipat dari biasanya untuk memenuhi kebutuhan pasien saat ini," paparnya.

Dini menerangkan peningkatan kebutuhan oksigen pasien Covid-19 di RSUD Kota Tangerang, selain disebabkan lonjakan jumlah pasien juga diakibatkan oleh kondisi pasien yang datang rata-rata dalam kondisi berat.

"Pasien Covid yang dirawat di RSUD adalah pasien-pasien dengan gejala sedang-berat-kritis yang memerlukan oksigen sampai alat bantu pernafasan," tukasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang berbeda Kepala Dinkes Kota Tangerang dokter Liza Puspdewi menyatakan ketersediaan oksigen di Kota Tangerang hingga saat ini, masih dalam kondisi aman.

“Rumah sakit dan masyarakat tidak usah panik dengan isu kelangkaan stok oksigen yang beredar. Stok oksigen untuk pelayanan di rumah sakit atau di seluruh Puskesmas di Kota Tangerang masih terpenuhi dan aman,” ucap dokter Liza, saat ditemui di Labkesda Kota Tangerang. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments