Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Penggunaan Alat GeNose C-19 Mulai Dilaksanakan Di Pelabuhan Priok

Dirjen Hubla R. Agus H. Purnomo didampingi 
pemangku kepentingan perlihatkan hasil test 
dimulai pelaksanaan alat GeNos C-19. 
(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com)  




NET - Peluncuran penggunaan alat test GeNose C-19 di Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarata Utara, Kamis (1/4/2021).

Kegiatan tersebut merupakan langkah Pemerintah dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Corona Virus disease 2019 (Covid-19) yang terus berpotensi meningkat melalui mobilitas manusia atau perjalanan orang.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) R. Agus H Purnomo mengatakan tujuan penggunaan alat tes GeNose C-19 serta pihak yang terkait mulai dari persiapan sampai dengan penerapan alat tersebut, diapresiasi.

"Penggunaan alat ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru bagi terciptanya kehidupan yang produktif dan aman dari Covid-19. Ini sekaligus mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19, melakukan pembatasan pelaku perjalanan pengguna moda transportasi darat, laut, udara,” ujar Agus seraya menyebutkan sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Agus mengungkapkan dapat diinformasikan penggunaan alat tes GeNose C-19 di Pelabuhan Tanjung Priok telah dilakukan uji coba pada perjalanan penumpang moda transportasi laut menggunakan kapal milik PT Pelni mulai pada 1 sampai dengan 12 Maret 2021. Sebelumnya telah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait di antaranya Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Pelabuhan Tanjung Priok, Balai Kesehatan Kerja Pelayaran, PT Pelindo II (Persero) Cabang Tanjung Priok, PT Pelni (Persero), dan Korsorsium UGM terkait persiapan uji coba alat tes GeNose C-19.

“Kemudian persiapan uji coba alat tes GeNose C-19 telah dilakukan studi banding terkait penggunaan alat tes GeNose C-19 pada moda transportasi darat (kereta api) di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Dilakukan pula pelatihan bagi para petugas operator, kemudian telah dibuat SOP pada calon penumpang yang dinyatakan positif," ujarnya.

Agus berharap penggunaan alat tes GeNose C-19 di Pelabuhan Tanjung Priok dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya penggunaan alat tes GeNose C-19 ini dapat mencegah penyebaran serta dapat mengendalikan Covid-19.

 "Dengan demikian dapat terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa yang akan berdampak langsung kepada masyarakat sehingga berkontribusi terhadap penyelenggaraan pelayanan perhubungan yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah serta meningkatkan perekonomian secara nasional," ungkap Agus.

Sementara itu, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (Plt Kepala Operasional) Inayatur Robbany menjelaskan proses persiapan, uji coba, sosialisasi serta monitoring penggunaan alat tersebut. Apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi terhadap pelaksanaan penerapan alat tes GeNose C-19 tersebut.

Inayatur mengimbau kepada seluruh insan pelabuhan, baik instansi Pemerintah maupun pemangku kepentingan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam menggunakan moda transportasi laut khususnya di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Pelaksanaan uji coba test GeNose C-19 (Genose Trial Test) pada Jumat, 26 Februari 2021 bersamaan dengan kunjungan kerja Menteri Perhubungan terkait peninjauan persiapan pelaksanaan penggunaan alat tes GeNose C-19 di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok," ucapnya.

Pada 27 Februari 2021, kata Inayatur, telah dilaksanakan studi banding penggunaan dan penerapan alat tes GeNose C-19 yang berada di Stasiun Kereta Api Pasar Senen dan Gambir yakni penggunaan alat tes tersebut sudah diwajibkan penerapannya bagi para calon penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui moda transportasi Kereta Api.

“Kemudian pada 28 Februari 2021 telah dilaksanakan Trial GeNose C-19 Test di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok. Setelah itu, dilaksanakan pelatihan bagi petugas operator peralatan GeNose C-19. Pada 1 Maret 2021 telah dilakukan koordinasi antara Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, PT Pelindo II (Persero) Cabang Tanjung Priok dan pihak Konsorsium UGM terkait persiapan Uji Coba Alat Tes Genose C-19,” tutur Inayatur.

Terakhir, kata Inayatur, pelaksanaan sosialisasi dan monitoring terhadap Uji Coba Alat Tes  GeNose C-19 kepada para calon penumpang kapal Pelni secara random diakukan mulai 1 sampai dengan 12 Maret 2021. Uji coba alat test genose dilakukan kepada penumpang Kapal Pelni di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok," ujar Inayatur.

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh pihak terkait yang telah bersinergi dan berkoordinasi dalam penggunaan alat tes GeNose C-19 ini. Semoga ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat secara umum serta pengguna jasa transportasi laut dan kepelabuhanan secara khusus,” ucap Plt Kepala Operasional Tanjung Priok. (dade)

 

 

Post a Comment

0 Comments