Mahasiswa Unila KKN Di Kabupaten Serang, “Membangun Kampung Halaman”

Baca Juga

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Sekda 
Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Asda II Adjat 
Gunawan bersama Rektor dan34 mahasiswa Unila. 
(Foto: Istimewa) 



NET - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri melepas 34 mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyar. Oleh karena kini pada masa pandemi, mahasiswa agar menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan menerima Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila, Yulianto dan 34 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyar. Pada prinsipnya Kabupaten Serang menyambut baik.

“Tentunya berterima kasih atas pilihan Unila menempatkan mahasiswa untuk melaksanakan KKN di Kabupaten Serang,” ujar Entus saat melepas para mahasiswa di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang pada Senin (1/2/2021).

Entus menyebutkan dalam situasi pandemi para mahasiswa yang KKN harus melaksanakan dan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 .  

“Mahasiswa yang melaksanakan KKN di Kabupaten Serang akan mendapat banyak pengalaman pengetahuan yang nanti diselaraskan dengan teori di kampus, untuk ke depan menjadi bekal di dalam kehidupan di masyarakat,” terangnya.

Hadir pada pelepasan tersebut Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Asisten Daerah (Asda) II Adjat Gunawan, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nughara.

Sementara Wakil Rektor III Unila Prof Dr Yulianto mengatakan sebanyak 34 mahasiwa yang melaksanakan KKN berlangsung selama 40 hari terhitung sejak Senin 1 Februari 2021. “Empat puluh hari mulai hari ini. Mudah-mudahan lancar semua karena susah di masa pandemi jadi tidak bebas,” ungkapnya.

Dasar dipilihnya Kabupaten Serang selain karena pandemi Covid-19, kata Yulianto, juga mahasiswa banyak berasal dari Kabupaten Serang sehingga tidak jauh dari tempat tinggalnya. “Kita membatasi diri untuk ke tempat yang terlalu jauh. Kebetulan mahasiswa Unila dari Kabupaten Serang banyak, nah daripada mereka bertebaran di mana-mana mending ditempat atau daerah tinggalnya nanti kita bantu fasilitasi. Itu dasarnya KKN di Kabupaten Serang,” terangnya.

Yulianto menerangkan dari 34 orang mahasiswa yang akan KKN tersebut 30 di antaranya berasal dari Kabupaten Serang. “Sedangkan empat lainnya dari Lampung sebagai duta yang ingin tahu kondisi di Kabupaten Serang,” ucapnya.

Yulianto menjelaskan 34 mahasiswa yang KKN itu berasal dari tujuh fakultas di antaranya Fakultas Ekonomi, Hukum, FKIP, FISIP, MIPA, Pertanian, dan Teknik. Kegiatan mereka akan fokus pada program pembangunan desa di daerah setempat.

“Kemudian di sana potensi wisata lumayan, mempelajari bagaimana mahasiswa bisa membantu untuk memberi masukan pada Pemda bagaimana kelola pariwisata efektif selama Pandemi,” tuturnya. (*/pur)

Post a comment

0 Comments