Polda Banten Berikan Layanan Rapid Test Gratis Di Pelabuhan Merak

Baca Juga

Seorang pemudik sedang dirapid test. 
(Foto: Istimewa) 




NET  - Guna mencegah penyebaran Covid-19 jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Bidang Kesehatan Polda Banten buka posko kesehatan terpadu yang tersebar di beberapa lokasi.

"Pelayanan kesehatan yang kami berikan meliputi pemeriksaan rapid test antibodi, rapid test antigen Covid-19, pemeriksaan tensi, pemeriksaan kolesterol dan lainnya. Dan semua itu, kami berikan secara gratis dan waktu yang tidak lama sehingga tidak mengganggu perjalanan," terang Kabiddokkes Polda Banten Kombes Pol I Gusti Gede M. Andika, Kamis (24/12/2020).

Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar melalui Kombes Pol I Gusti Gede M. Andika mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Posko kesehatan terpadu ini kerjasama Biddokkes Polda Banten dengan tim kesehatan ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan-red) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya calon penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan kapal laut," ujar I Gusti saat ditemui di posko kesehatan terpadu yang ada di Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Merak.

I Gusti juga mengatakan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat tidak dipungut biaya. "Animo masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya di sini cukup bagus. Tadi saja sudah ada 45 orang yang periksa rapid test antigen Covid-19 dan hasilnya negatif semua," tutur I Gusti.

I Gusti menjelaskan posko kesehatan terpadu ini dilakukan di beberapa lokasi, di antaranya Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Merak, pintu masuk Pelabuhan Merak, gerbang tol Merak dan rest area dan akan berlangsung hingga tanggal 1 Januari 2021 mendatang.

Ditemui di lokasi, Zalfa Yufika salah seorang calon penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan kapal menuju Lampung mengucapkan rasa terimakasihnya.

"Posko kesehatan terpadu yang ada di dermaga eksekutif ini sangat bagus, sangat luar biasa. Kalau saya beri nilai, saya berii 100. Saya tadi periksa swab, nggak sakit, waktunya sebentar, pelayanannya ramah, gratis lagi. Terima kasih buat Kapolda Banten, Pak Dokter karena sudah menyediakan posko kesehatan terpadu untuk masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan perjalanan.

"Guna mencegah penyebaran Covid-19 ini, saya menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke luar kota agar memperhatikan protokol kesehatan. Dan juga Patuhi Surat Edaran Satgas Covid-19," ujar Edy Sumardi.

"Selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, menjaga jarak, dan yang terpenting hindari kerumunan," tutur Edy Sumardi. (*/pur)

Post a comment

0 Comments