Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Zaki Khawatir Lonjakan Covid-19 Akhir Tahun, Rumah Sakit Hampir Penuh

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar 
(tengah) memanjatkan doa agar pencegahan 
sebaran Covid-19 tidak semakin luas. 
(Foto: Istimewa)  




NET - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengeluarkan empat langkah mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru. Para pimpinan rumah sakit, Kepala Puskesmas, dan camat se-Kabupaten Tangerang agar konsisten melaksanakan sehingga penyebaran virus yang mematikan ini tidak meluas.

Bupati mengatakan hal itu saat memimpin rapat koordinasi penyebaran Covid-19 secara virtual di Ruang Rapat Cituis, Selasa (22/12/2020). Rakor virtual mengundang pihak rumah sakit daerah dan swasta, Puskesmas dan camat se-Kabupaten Tangerang.

Langkah yang dikeluarkan Bupati, agar masyarakat menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Selama libur Natal dan Tahun Baru diimbau untuk tidak melaksanakan liburan ke wilayah yang tingkat penyebaran Covid-19 tinggi dan mengutamakan untuk tidak mudik. Tidak mengadakan kegiatan rapat atau kegiatan lain yang menimbulkan kerumunan lebih dari 30 orang dan menunda pelonggaran terhadap beberapa usaha pariwisata dikarenakan kondisi kasus Covid-19 masih tinggi.

"Ruang perawatan rumah sakit semuanya dalam kondisi mendekati penuh hendaknya menjadi perhatian para direktur rumah sakit, Kepala Puskesmas dan juga kita semua. Apabila ditemukan pasien Covid-19 yang memiliki gejala dan juga penyakit bawaan yang membutuhkan rumah sakit wajib memiliki database karena saat ini dalam kondisi antrean," jelas Bupati.

Untuk itu, kata Bupati, sudah menjadi tugas dan kewajiban para camat dan Kepala Puskesmas apabila masyarakat yang isolasi mandiri reguler dipantau hingga sembuh.

Sementara itu, Hery Haryanto - Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang mengatakan berapa bulan terahir Kabupaten Tangerang berada pada zona Orange. Mudah-mudahan adanya libur Natal dan Tahun Baru tidak ada lonjakan.

"Hari ini, kita mengadakan evaluasi secara keseluruhan, dan juga kapasitas dari rumah sakit dan Hotel Singgah Yasmin serta program yang sudah disiapkan untuk merespon liburan panjang Natal dan tahun baru," ucapnya. (bah)

Post a Comment

0 Comments