BMKG Raih Penghargaan GSM Award 2020, Sajikan Gambar Berkualitas

Baca Juga

Ilustrasi logo BMKG.  
(Foto: Istimewa)  



NET - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memboyong dua penghargaan GSM Award yang merupakan rangkaian penutup dari acara Government Social Media Summit 2020 (GSMS 2020).

"Kami sangat bersyukur atas capaian ini. Penghargaan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh insan BMKG. BMKG meraih penghargaan pada kategori Most Active Lembaga, yaitu penghargaan yang diberikan kepada akun media sosial lembaga paling aktif," ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Akhmad Taufan Maulana, di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Serta penghargaan untuk kategori Best Use of Images (lembaga) karena menyajikan konten gambar yang paling relevan, informatif, kreatif, orisinal, dan berkualitas.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Operasional Teknologi Informasi BMKG Akbar mengatakan BMKG akan terus menyajikan informasi yang penting dan akurat untuk memastikan data-data yang dihasilkan bermanfaat demi kesejahteraan masyarakat. "Informasi yang disebarluaskan BMKG diharapkan dapat menjadi acuan masyarakat dan pemangku kepentingan terutama dalam mengantisipasi dampak cuaca, iklim, dan lainnya," ucap Akbar.

Akbar menjelaskan BMKG rutin mengeluarkan informasi cuaca dan peringatan dini serta kejadian gempa bumi kepada masyarakat melalui berbagai platform media sehingga informasi bisa tersebar luas secara cepat. "GSM Award dilaksanakan Awrago bekerja sama dengan NoLimit secara daring bertujuan untuk meningkatkan kinerja komunikasi publik pemerintah melalui media sosial, kemudian menghasilkan referensi standar dalam pengelolaan media sosial milik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah," ujarnya.

Terlebih lagi pada masa pandemi, sebagian besar aktivitas masyarakat berpindah secara daring akibat work from Home school from home hingga karantina mandiri (self-quarantine), sehingga segala kebutuhan vital dipenuhi secara daring, masyarakat semakin bergantung pada internet dan keterhubungan di media sosial.

"Pada situasi tidak pasti saat ini, media sosial Pemerintah berperan penting dalam menyediakan informasi yang akurat. Penilaian GSM Award dilakukan dengan memantau aktivitas media sosial pemerintah dan datanya dianalisis serta diklasifikasikan mulai dari Oktober 2019 hingga Oktober 2020," kata Akbar.

Dalam setahun, terkumpul sebanyak total 6.036.434 data media sosial antara lain engagement, kata kunci dan tagar dari berbagai platform yaitu Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Data media sosial tersebut terkumpul dari 294 peserta yang terdiri dari 34 kementerian, 50 lembaga, 34 Pemprov, dan 131  Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"GSMS 2020 diselenggarakan pada 27–29 November 2020 yang ditutup dengan GSM Award diharapkan dapat mengapresiasi kinerja pengelolaan media sosial pemerintah dan memotivasi pemerintah untuk mengoptimalkan struktur pengelolaan media sosial, meningkatkan peran media sosial dalam publikasi informasi publik dan interaksi dengan masyarakat, serta meningkatkan kreativitas sekaligus kinerjanya dalam melayani masyarakat," tutur Akbar. (dade)

 

 

Post a Comment

0 Comments