Bapas Ciangir Lakukan Pelatihan Dan Penyuluhan Hukum Bagi Napi

Baca Juga

Peserta bimbingan dan instruktur pelatihan 
dan penyuluhan seusai acara. 
(Foto: Suyitno/TangerangNet.Com)   




NET - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Ciangir, Kabupaten Tangerang melakukan bimbingan penyuluhan hukum terhadap napi yang masih menjalani sisa hukuman di dalam lapas, Senin (9/11/2020).

Ketua Posbakumadin Kabupaten Tangerang Saprudin, SH mengatakan siap membantu para napi yang mau melakukan pembimbingan keterampilan setelah selesai menjalani hukumam di Balai Pemasyarakatan Kelas II Ciangir.

Kalapas Ciangir Sugeng Indrawan berharap ke depannya kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan dengan peran Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) agar bisa membantu para klien Bapas ketika sedah kembali kemasyarakat dengan kerjasama antara Bapas dan masyarakat melalui mitra Pokmas Kipas.

Pelaksanakaan kegiatan Penyuluhan Hukum dan Bimbingan Kemandirian Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) bagi klien pemasyarakatan.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Bapas Kelas II Ciangir Zulkifli Bintang, Kepala Lapas Terbuka Ciangir Sugeng Indrawan, Kepala Rutan Kelas I Tangerang Fonika Affandi, perwakilan dari Polsek Legok, Koramil Legok, Posbakumadin Kabupatan Tangerang, LBH Matahari, Aliansi Masyarakat Anti Narkoba Banten, dan LPK Puspa Antariksa.

Acara yang diadakan di Aula Komplek Permukiman Pemasyarakatan Ciangir itu diikuti oleh dua puluh orang klien Bapas Kelas II Ciangir dan delapan orang Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Terbuka Ciangir.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga sesi, yakni penyuluhan hukum oleh Ketua Posbakumadin Kabupaten Tangerang Saripudin, Bimbingan Kemandirian berupa pelatihan setrika uap dari panci presto oleh Pembimbing Kemasayarakatan Muda Nunik Kurniani dan Pelatihan pembuatan masker dan sandal untuk konsumsi perhotelan atau sendal tanpa mesin jahit dibimbing oleh LPK Puspa Antariksa.

Kegiatan yang berlangung dinamis dan serius itu dimulai pukul 09:00 WIB hingga pukul 15:00 WIB. Rian Firdaus salah satu klien pemasayarakatan dalam testimoninya mengucapkan terimakasih atas ilmu yang telah di berikan dalam pelatihan tersebut.

Firdaus mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan bagi klien.

Kepala Bapas Ciangir Zulkifli Bintang berharap kegiatan tersebut bisa bermanfaat sebagai upaya meningkatkan skill dan keterampilan klien.

Bintang juga mengharapkan kegiatan serupa akan terus dijalankan secara berkesinambungan. Diharapkan pula kerjasama antara Bapas Kelas II Ciangir dengan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasayarakatan (Pokmas Lipas) terus terjalin dengan baik demi terwujudnya klien pemasyarakatan yang lebih mandiri setelah menjalani hukuman. (tno)

Post a comment

0 Comments