Bus Damri Layani Penumpang Disabilitas

Baca Juga


 

Bus Damri saat menurunkan
penumpang disabilitas.
(Foto: Istimewa)  


NET - Damri turut merevitalisasi angkutan umum dengan memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jasa transportasi publik. 

Salah satunya turut mendukung Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menjadi operator bus ramah lansia, disabilitas, dan lingkungan untuk rute layanan dalam kota melalui beberapa sekolah luar biasa dan sekolah umum dalam menunjang kemandirian sahabat disabilitas seperti bekerja, sekolah dan aktivitas lainnya.

"Melihat adanya kebutuhan aksesbilitas transportasi sahabat disabilitas yang berada di Kota Mataram serta program unggulan NTB terkoneksi guna mewujudkan NTB Gemilang,” ujar Direktur Utama Damri Setia N. Milatia Moemin, Sabtu (3/10/2020), di Jakarta.

Kwajiban Pemerintah pusat maupun daerah dalam pemenuhan kebutuhan layanan transportasi untuk disabilitas sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 98 Tahun 2017 tentang penyediaan aksesbilitas pada pelayanan jasa transportasi publik bagi pengguna jasa berkebutuhan khusus.

Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat bekerja sama dengan Damri untuk mengoperasikan uji coba Bus Disabilitas NTB Gemilang yang mulai beroperasi pada Jumat (2/10/2020), di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jalan Langko No.49, Dasan Agung Baru, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram.

Sat uji coba operasi Bus Disabilitas NTB Gemilang dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, General Manager DAMRI cabang Mataram M Adzani Wahyu Wibowo, Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Bayu Windya, Kepala Dinas Sosial NTB Ahsanul Halik dan sahabat-sahabat disabilitas.

"Bus Disabilitas NTB Gemilang DAMRI Mataram merupakan bagian kelanjutan dari inovasi untuk harapan seluruh masyarakat dapat dengan nyaman dan aman bermobilitas menggunakan transportasi bus. Bus yang diluncurkan ini merupakan yang pertama di NTB dan yang kedua di Indonesia. Tahap awal ini yang beroperasi hanya baru tersedia untuk rute kota di Mataram untuk melayani antar Sekolah Luar Biasa (SLB) dan  ke depannya bisa ke semua Wilayah NTB," ujar Direktur Utama Damri Setia N. Milatia Moemin, di Jakarta.

Damri mengoperasikan uji coba Bus Disabilitas NTB Gemilang berkapasitas 30 kursi dengan 10 untuk pengguna kursi roda dan 20 kursi biasa dengan merk Hino RK ini dilengkapi dengan fasilitas tangga hydraulic otomatis dan ruang khusus pengguna kursi roda sebanyak 10 titik. Memiliki karakteristik torsi yang tinggi sejak putaran rendah, dengan demikian dapat mengefisiensikan pemakaian bahan bakar.

"Adapun waktu keberangkatan dari Pool Damri Sweta Mataram yakni pukul 06:30 WITA dengan waktu tiba di Sekolah Luar Biasa Selagalas pukul 08:00 WITA. Sedangkan untuk rute sebaliknya dari Sekolah Luar Biasa Selagalas yakni pukul 12:00 WITA dengan waktu tiba di Pool Damri Sweta Mataram pukul 14.00 WITA dengan tarif gratis," ujarnya.

Harapan terbesar dari Bus Disabilitas NTB Gemilang akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan darat, mendorong tren permintaan perjalanan darat dengan kesungguhan Damri dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan serta pelaksanaan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.


"Aspek Protokol Kesehatan Damri tetap menjalankan dan menekankan protokol kesehatan kepada seluruh karyawan dan pelanggan, meliputi pengecekan suhu badan, menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, membersihkan tangan dengan cairan (hand sanitizer), penggunaan sarung tangan (disposable gloves) dan wajib menggunakan masker, serta mengurangi interaksi langsung (contactless) antara sesama, baik karyawan maupun penumpang. Dan tindakan preventif lainnya, seluruh armada Damri melalui penyem
protan desinfektan, dalam upaya memastikan sterilisasi dan kebersihan kabin," ungkap Setia. (dade)

 

 




Post a comment

0 Comments