Zaki: Pemberantasan Korupsi Sungguh-sungguh Dilaksanakan

Baca Juga

Bupati Tangerang Ahmed Zaki 
Iskandar (kanan) saat mengikuti APNK.
(Foto: Istimewa)




NET - Bupati Tangerang  Ahmed Zaki Iskandar, Rabu (26/8/2020) mengatakan kegiatan Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) tahun 2020 merupakan komitmen dan upaya pencegahan serta pemberantasan korupsi yang terus menjadi prioritas pemerintah baik pusat maupun pemerintah daerah.

Upaya pemberantasan korupsi, kata Zaki, tidak cukup hanya menindak secara hukum akan tetapi memerlukan berbagai upaya yang lebih komprehensif dan sungguh-sungguh termasuk upaya pencegahan strategi preventif.

"Semoga dengan acara ini bisa lebih meningkatkan kewaspadaan Pemerintah dalam hal pencegahan korupsi dan lebih meningkatkan komitmen dari semua unsur dalam hal pencegahan dan penanganan korupsi," ujar Zaki.

Bupati Zaki Iskandar mengatakan hal itu seusai  mengikut Acara Virtual ANPK, dengan tema Praktik Baik Pencegahan Korupsi.

Acara dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Ketua DPR RI, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua dan Pimpinan KPK beserta seluruh jajaran, para Gubernur, Bupati dan Walikota se- Indonesia, termasuk Bupati Zaki mengikuti secara Virtual langsung dari Pendopo Bupati Tangerang, Jalan Kisamaun Kota Tangerang.

Ketua KPK RI Firli Bahuri mangatakan KPK harus tetap memegang peran sentral dalam pemberantasan korupsi. Karena itu, kata Bahuri, KPK harus didukung dengan kekuatan yang lebih memadai dan harus lebih kuat dibandingkan dengan lembaga lain.

Mengutip perkataan Presiden Jokowi dalam Rakor pengawasan internal BPKP beberapa waktu lalu, Firli menyebutkan upaya pencegahan korupsi harus terus dilakukan, tidak alasan untuk menunda-nunda aksi dari mencegah korupsi dalam pemberantasan korupsi.

"Jangan menyebar ketakutan kepada para pelaksana dalam menjalankan tugasnya. Jangan menggigit orang yang tidak bersalah. Tetapi kalau masih ada yang membandel, masih ada yang berniat korupsi, maka silahkan jalankan tugas bapak ibu untuk mengigit mereka dengan keras. Uang negara harus diselamatkan dan kepercayaan rakyat harus dijaga," ujarnya. (bah)


Post a comment

0 Comments