Program "Tangerang BISA" Mulai Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Baca Juga

Warga yang terima manfaaf merasakan 
bantuan insentif untuk usaha kuliner.
(Foto: Istimewa)




NET - Program Bantuan Insentif Startup Anda atau Tangerang BISA telah dirasakan sejumlah masyarakat, khususnya masyarakat terdampak pandemi yang ingin membangun maupun mempertahankan usahanya.

Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Indri Astuti mengatakan bantuan dialokasikan dari APBD Kota Tangerang 2020 diperuntukan kepada 10.000 orang yang terverifikasi dan tervalidasi sesuai ketentuan.

“Bantuan ini sengaja diberikan kepada masyarakat yang memang membutuhkan modal usaha. Bantuan diberikan langsung kepada yang berhak melalui transfer rekening sejumlah 500 ribu,” ujar Indri Astuti  saat ditemui di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jalan Satria Sudirman, Jumat (28/8/2020).

Para pemohon yang sebelumnya telah terdaftar dalam SiData, dapat mengajukan permohonan bantuan dengan melakukan pendaftaran di Aplikasi Tangerang LIVE.

“Caranya mudah sekali. Pemohon dapat mengajukan program ini melalui Aplikasi Tangerang LIVE. Tinggal masukan syarat-syarat pendaftaran dan tunggu proses validasi selesai,” ungkapnya.

Al Firdaus, salah seorang penerima manfaat program Tangerang BISA merasa sangat terbantu. Mereka yang telah dirumahkan sejak April dan mulai merintis usaha hidroponik di pekarangan rumahnya.

“Alhamdulillah bantuan ini sangat membantu saya yang telah kehilangan pekerjaan saat pandemi seperti ini. Modal ini, saya gunakan untuk membeli beberapa bibit hidroponik dan kebutuhan alat lainnya,” tuturnya.

Begitu pun dengan Tri Haryanti, seorang single parent yang harus menghidupi anaknya seorang diri. Setelah berhenti dari tempat kerjanya, Tri berkreasi dengan membuka usaha makanan beku seperti pastel dan risol serta kue kering lainnya. Dengan memanfaatkan tambahan modal sebesar Rp 500 ribu yang diperolehnya dari program Tangerang BISA.

“Pas banget, saya mau mengembangkan usaha bikin risol pelangi. Lumayan modalnya, saya bisa gunakan untuk membeli bahan-bahan produksi yang dilakukan sendiri. Semoga dengan bantuan ini, usaha saya semakin berkembang,” jelasnya.

Sebagai informasi hingga saat ini, sudah ada 648 pemohon yang mengajukan bantuan, di antaranya sudah disetujui sebanyak 257 pemohon dan sudah menerima bantuan sebanyak 88 pemohon. (*/pur)

Post a comment

0 Comments