Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur WH: H. Muchtar Mandala, Warga Terbaik Kebanggaan Masyarakat Banten


Almarhum Muchtar Mandala semasa hidup.
(Foto: Istimewa) 



NET - "Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un," ungkap Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyatakan duka cita sedalam-dalamnya tadi pagi saat diberikan kabar wafatnya H. Muchtar Mandala, 75 tahun, Kamis (6/8/2020), pukul 04.45 WIB.

Almarhum H Muchtar Mandala adalah salah seorang Pejuang dan Pendiri Provinsi Banten. Tokoh kelahiran Pandeglang, 5 Juni 1945 ini meninggal dunia setelah sekitar sebulan dirawat di RS Siloam Karawaci, Tangerang, karena sakit.

“Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Banten, kami mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya," ungkap Gubernur Banten, di Kota  Serang, Kamis (6/8/2020).

Almarhum, H. Muchtar Mandala adalah alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Merupakan putra Banten yang aktif di dunia perbankan. Almarhum juga pernah menduduki beberapa jabatan strategis. Antara lain sebagai: Sekretaris Jenderal Perbanas, Wakil Ketua Kadin Pusat, Ketua Umum Bankers Club Indonesia, pengurus ASEAN Bankin Council, wakil Indonesia di Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), dan wakil Indonesia di Asia-Europe Business Forum (AEBF). Pernah menduduki jabatan Direktur Utama Bank Duta.

Peran almarhum H. Muchtar Mandala yang cukup bersejarah adalah aktivitasnya sebagai salah satu pendiri Provinsi Banten. Rumah tinggalnya di Kampung Nyi Mas Ropoh menjadi saksi berkumpulnya tokoh-tokoh masyarakat Banten pada 23 Januari 2000. Yang selama ini dikenal sebagai tempat pembacaan “Deklarasi Nyi Mas Ropoh” yang menjadi cikal-bakal berdirinya Provinsi Baten pada 4 Oktober 2000.

“Bagi kami, Pak Muchtar Mandala adalah salah satu tokoh pendiri Banten. Orang yang sangat baik dan kebanggaan masyarakat Banten," tutur Gubernur Banten. (*/pur)




Post a Comment

0 Comments