Anggota Polres Kepulauan Seribu Tiba-tiba Wajib Ikut Test Urine Narkoba

Baca Juga


Anggota Polres yang ikut test urine.
(Foto: Istimewa) 



NET – Anggota Polres Kepulauan Seribu tiba-tiba diwajibkan mengiktui test urine di ruang Poliklinik Polres untuk mengetahui apakah ada personel yang menggunakan narkotika dan obat-obatan (Narkoba).

"Kami Bagian Sumber Daya Manusia (Sumda) Polres Kepulauan Seribu melakukan test urine kepada personel Polri yang baru ditempatkan di Polres Kepulauan Seribu," ujar Kompol Sumini selaku Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polres Kepulauan Seribu kepada wartawan, Selasa (11/8/2020).

Pemeriksaan melalui test urine yang dilakukan oleh Urkes Bagian Sumber Daya Manusia ini, kata Sumini, sebagai upaya mengetahui lebih awal apakah personel Polri yang baru ditempatkan dan berdinas di Polres Kepulauan Seribu menjadi pengguna narkoba atau tidak. "Sebanyak enam personel yang baru dipindahkan untuk berdinas di Polres Kepulauan Seribu, kami lakukan test urine agar kita tahu apakah personel tersebut bersih atau tidak dari Narkoba," tutur Kompol Sumini.

Sementara itu, Perwira Urusan Kesehatan Bagian Sumber Daya Manusia Polres Kepulauan Seribu dokter Isti Iryan Prianti menyatakan untuk mendeteksi apakah seseorang menggunakan narkoba atau tidak, maka laboratorium forensik melakukan sebuah tes yakni tes toksikologi atau skrining toksikologi.

Tes ini merupakan tes untuk mengecek kadar narkoba dalam tubuh. "Tes ini, mengecek kandungan obat-obatan atau bahan kimia seperti narkoba. Namun, tes ini tidak hanya bisa dilakukan pada urine, melainkan juga pada darah dan air liur," ungkap dokter Isti.

Bila dari hasil test kedapatan dan dinyatakan positif narkoba, selanjutnya personil tersebut akan langsung diambil tindakan oleh Sie Provos yang sejak awal melakukan pengawasan. "Diketahui dari hasil test urine yang dilakukan keenam personel dimaksud dinyatakan negatif dari Narkoba dan Obat-obat terlarang. Alhamdulillah keenam personel yang di test semua negatif," kata Isti. (dade)




Post a comment

0 Comments