Pemkab Tangerang Siapkan 3.000 M-2 Lahan Makam Covid-19

Baca Juga


Lokasi pemakaman khusus Covid-19. 
(Foto: Istimewa) 


NET – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyiapkan lahan 3.000 meter persegi (M-2) untuk korban Virus Corona (Covid-19) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) milik Pemda di Desa Buni Ayu, Kecamatan Sukamulya, KabupatenTangerang, Banten.

"Luas lahan untuk pemakaman korban Covid-19 disediakan 3-000 M-2 untuk sekitar 1.600 lubang makam di TPU Buni Ayu," ujar Iwan Firmansyah, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman, Kabupaten Tangerang, Kamis (7/5/2020).

Iwan menjelaskan jumlah seluruh TPU milik Pemkab Tangerang ada 91 TPU, sedangkan yangg sudah siap dan sudah aktif ada makamnya berjumlah 61 TPU. Petugas pemakaman 61 orang. Khusus di TPU Buni Ayu 8 orang yang menguburkan korban Covid-19.

Sampai saat ini, kata Iwan, jumlah korban Covid-19 yang telah dimakamkan di TPU Buni Ayu mencapai 28 orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan), dan 6 orang di luar TPU Buni Ayu milik Pemda dan tanah wakaf.

“Kalau sampai hari ini jenazah PDP Covid-19 semuanya berjumlah 34 orang dengan rincian di TPU Buni Ayu 28 orang dan di luar TPU Buni Ayu ada 6 orang," tutur Iwan.

Saat ditanya bagaimana dengan kesiapan perlengkapan penguburan korban Covid-19, mulai dari penyediaan peti mati, alat pelindung diri (APD) petugas pemakaman dan operasional?

Menurut Iwan Firmansyah yang pernah menjabat Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang ini mengungkapkan sejauh ini untuk peti mati korban Covid-19 ada stok. Ada juga hasil sumbangan baik dari perusahaan maupun perorangan. Namun stok peti mati saat ini tinggal sedikit tersisa 8 peti mati, perlu persiapan penyediaan dan  perlu persediaan APD.

"Untuk pembiayaan 1 jenazah saja,  mencapai Rp 5 -6 juta, mulai dari biaya gali kubur, peti mati, ambulance, dan lainnya," katanya.

Kendati demikian, Iwan Furmansyah berharap seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang tetap berdoa apalagi pada bulan suci Ramadhan ini agar tidak ada lagi korban karena Covid -19.

“Marilah kita tetap berdoa agar bencana Corona ini cepat berlalu dan. Allah SWT tetap melindungi Kabupaten Tangerang dari penyebaran Covid- 19," harap Iwan. (*/pur)

Post a comment

0 Comments