Peduli Dampak Covid-19, Masjid Baitussalam BSD Bagikan 550 Paket Sembako

Baca Juga

Panitia "Baitussalam Peduli Wabah Covid-19"
dan sembako yang dikemas dalam kantong plastik.
(Foto: Bambang TR/TangerangNet.Com) 




NET -  Berkenaan dengan situasi tanggap darurat Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah virus Corona (Covid-19) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) perlu dibagi sembako.

Hal itu dilakukan oleh jamaah Masjid Baitussalam The Green BSD City berbagi dengan warga sekitar lingkungan masjid, termasuk dengan Security internal, petugas kebersihan dan taman, pondok pesantren dan yatim piatu, marbot masjid, pedagang keliling, ojek online (ojol), ojek pangkalan (opang) serta pemulung.

Penyerahan bantuan sembako secara simbolik kepada beberapa orang perwakilan penerima bantuan di Masjid Baitussalam The Green BSD, Serpong, Ahad (5/4/2020). H. Dodi Riyadi selaku Ketua panitia kegiatan tersebut, mengatakan kegiatan "Baitussalam Peduli Wabah Covid-19" ini dikoordinir oleh jamaah masjid Baitussalam bekerjasama dengan Dewan Kemakmuran (DKM) Baitussalam dan Yayasan Kerukunan Keluarga Muslim The Green (KKMTG).

"Total pembagian paket Sembako yang diberikan oleh para jamaah masjid Baitussalam melalui pengurus DKM dan panitia kegiatan acara sebanyak 550 bungkus paket sembako yang berisi beras 5 liter, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kilogram, mie instant 5 bungkus, sarden kaleng, dan sejumlah makanan pokok lainya," terang H. Dodi Riyadi kepada TangerangNet.Com di lokasi acara.

Sementara itu, Ketua DKM Baitussalam The Green BSD H. Djindar Rohani yang saat ini menjabat sebagai Ketua Presidium Forum Masjid Musholah BSD dan sekitarnya (FMMB) menjelaskan sejak dari awal wabah virus Corona belum mewabah pandemi di Indonesia seperti sekarang ini, pihak pengurus DKM Baitussalam dan pengurus Yayasan Kerukunan Keluarga Muslim The Green (KKMTG) telah mengambil tindakan dan langkah prefentif dari awal.

"Kami menyadari sejak awal wabah virus Corona ini memang sangat berbahaya. Oleh sebab itu, sejak dari awal sebelum masjid yang lainnya mengambil berbagai tindakan pencegahan virus corona seperti sekarang ini. Pengurus DKM dan Yayasan KKMTG telah melakukan berbagai langkah dan tindakan preventif yang maksimum sejak awal. Alhamdulillah 100 persen warga The Green BSD, kami pastikan clear dan bebas dari virus Corona," tandas H. Djindar Rohani.

Ketua DKM Baitussalam The Green BSD dan juga Ketua Presidium FMMB tersebut menambahkan bahwa, terkait pelaksanaan kegiatan "Baitussalam Peduli 2020" tersebut, H. Djindar Rohani menegaskan pihak DKM, Yayasan KKMTG maupun panitia kegiatan sangat memprioritaskan pada keamanan dan keselamatan seluruh warga The Green dan jamaah Masjid Baitussalam.

"Kita telah melakukan berbagi hal-hal yang sesuai syariah dalam mengatasi wabah virus corona. Akan tetapi, kami selalu mengikuti arahan dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat dan daerah dalam melawan penyebaran virus corona ini,” ucap Djindar.

Salah satunya, kata Djindar, adalah dengan melakukan "Stay Home" atau di rumah saja  itu lebih baik. Karena salah satu penyebaran virus Covid-19 yang masif adalah melalui kontak fisik. “Untuk itu, kita wajib untuk melakukan Social Distancing (jaga jarak fisik) melalui diam di rumah saja," tutur Djindan.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Yayasan Kerukunan Keluarga Muslim The Green (KKMTG) H. Mohamad Suryo Alam. 

Menurut H. Suryo Alam, pelaksanaan kegiatan acara Baitussalam Peduli Wabah Covid-19 tahun 2020, dilakukan secara terbatas serta mengikuti anjuran pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan menerapkan Social Distancing (jaga jarak). Oleh sebab itu, hingga saat ini seluruh warga The Green BSD khususnya jamaah masjid Baitussalam dalam kondisi sehat walafiat dan bebas dari Covid-19.

"Yang pertama-tama, kami ucapkan terima kasih kepada para jamaah masjid Baitussalam The Green BSD, yang dengan kontribusinya, kemurahan hati, dan keikhlasannya telah berhasil mengumpulkan sumbangannya senilai Rp 68, 2 juta untuk dibelikan paket sembako sebanyak 550 paket. Ini merupakan kegiatan kedua, yakni pada kegiatan pertama masjid Baitussalam bekerjasama dengan FMMB  menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis di rumah sakit rujukan wabah covid-19 di Kota Tangerang Selatan,” ujar Surya Alam.

Selain itu, kata Surya Alam, juga menyediakan kebutuhan makan sehari-hari para petugas medis. Dan kegiatan yang kedua ini adalah Baitussalam Peduli, berupa pembagian paket sembako ke berbagai komponen lapisan masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja harian.

“Dan pesan saya kepada semua warga masyarakat Kota Tangsel adalah tetap dir umah. Jaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun atau disinfektan," pungkasnya. (btl)

Post a comment

0 Comments