Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Emak Inah, Senang Kini Rumah Direhab Total TMMD

Emak Inah tersenyum bahagia.
(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com)


NET - Apa dirasakan, Emak Inah, 53, seorang nenek tampak terlihat senang, bersyukur, dansedih, hingga air mata tak terbendung. Pasalnya, gubuk reyot rapuh (rumah) dan pada bocor, kini direhab total melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Kodim 0608/Cianjur.

Ny. Inah tinggal bersama keluarga asal warga Kampung Cijati RT01 RW 03, Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Saya atas nama keluarga tak bisa mengungkapkan terlalu banyak, atau bicara apa-apa. Susah, karena merasa bersyukur campur sedih bahagia begitu," tutur Inah, Rabu (18/3/2020).

Pembangunan (rehab) rumah tidak layak huni (Rutilahu), tujuan dasar sasaran tambahan, kepada warga tidak mampu di desa tersebut. Ada sekitar empat unit rumah tak layak pakai akan diperbaiki melalui program TMMD ke 107 Kodim 0608/Cianjur.

Selain itu Rutilahu, ada sasaran tambahan rehab lain di antaranya 1 unit masjid ukuran 8 x 8 meter, MCK (mandi, cuci, dan kakus) 1 unit ukuran 2 x 3 meter, dan pos ronda 2 unit ukuran 2 x 3 meter.

Emak Inah, tinggal menempati rumah reyot tersebut, bersama dua anaknya, Kusnadi masih duduk di bangku SMP, dan kakaknya, Iin Solihin sudah berkeluarga. Lalu, suaminya, Ijon, 60, hanya seorang buruh tani (kuli serabutan) bekerja setiap hari untuk menafkahi keluarga.

Sehingga, tidak cukup untuk membangun rumah. Jangan kan bangun rumah untuk kebutuhan sehari-hari tidak cukup, artinya gali lubang tutup lubang. Bahkan serba kekurangan selalu dibantu sama keluarga atau tetangga dekat.

"Punya anak tiga, satu masih sekolah dan dua sudah berkeluarga. Tinggal di Kecamatan Ciranjang yang satu lagi, kalau di sini yang ikut dua sama nenek," ujar Emak Inah, sambil meneteskan air mata.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sukamulya, Dadang mengatakan, keberadaan TMMD sangat dirasakan, untuk masyarakat bisa harmonis. Karena ini sudah diimpi-impikan sejak dulu oleh warga sini. Dan, memang kondisinya sangat kurang baik ekonomi saat ini (banyak tidak mampu) mayoritas buruh tani dan kuli serabutan.

"Saya atas nama warga desa ini mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran TNI.  Terutama Pak Dandim Cianjur," ungkap Dadang.

Kades menyambungkan setelah adanya program TMMD bisa dirasakan dan suatu penyemangat bekerja dan saling bantu berkehidupan sosial bermasyarakat. Ke depan masyarakat tidak terisolir lagi di jalan, mudah-mudahan semua hasil bumi bisa diangkut dengan baik dan lancar.

"Kami sekali lagi mengucapkan banyak terima kasih sekali, atas kerjasama dan partisipasinya. Alhamdulillah TNI dengan masyarakat kerjasama untuk membantu meningkatkan perekonomian," ujar Dadang.

Kades Dadang menyampaikan  di sini kebetulan ada Babinsa, selalu berkoordinasi dan berhubungan baik untuk mengajak masyarakat selalu bersama-sama. (dade)

Post a Comment

0 Comments