Gubernur WH: Banten Lolos Zona Merah Korupsi, Jadi Terbaik

Baca Juga

Gubernur Banten H.  Wahidin Halim
menyampaikan pidato di wisuda UIN.
(Foto: Istimewa) 



NET – Gubernur Banten H. Wahidin Halim (WH) mengatakan, "Banten terus membangun Pemerintahan yang bersih dengan semangat anti-korupsi. Dan upaya tersebut selalu dihargai oleh Pemerintah Pusat dengan berbagai penghargaan yang diberikan langsung Bapak Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.”

Hal itu diungkapkan Gubernur Banten saat mendampingi Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menghadiri Wisuda Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten (SMHB) di Royale Krakatau Hotel, Kota Cilegon, Sabtu (14/12/2019).

Gubernur WH mengaku pada akhir tahun ini sudah empat kali dihubungi istana yang ternyata mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat.

"Penghargaan terakhir, Banten dapat menjadi tiga besar sebagai provinsi keluar dari zona merah korupsi. Jadi dari urutan terburuk sekarang sudah menjadi urutan terbaik.  Ini karena apa? Doanya para kyai dan ulama, doanya para tokoh,” tututr WH meyakinkan.

Di hadapan Wapres, Senat, dan ribuan Wisudawan UIN SMHB, Gubernur WH menjelaskan pada 2020 nanti Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan melanjutkan penataan dan revitalisasi Situs Kawasan Kesultanan Banten. Selain itu, akan melakukan penataan kawasan wisata religi lainnya seperti Caringin dan Cikadueun Pandeglang dengan anggaran Rp 30 miliar.

“Sekarang, saya sudah membangun Banten Lama untuk pembangunan tahap pertama dan akan kita lanjutkan. Tahun ini, kita membangun Gedung Islamic Center empat lantai dan di bawahnya dibangun aula. Nanti ke depan tidak perlu sewa lagi. Gratis nanti di gedung yang akan saya bangun," jelasnya.

"Saya ingin mengatakan kepada masyarakat Indonesia bahwa Banten punya ikon. Banten sebagai pusat peradaban Islam,” tegas Gubernur WH.

Kepada civitas akademika UIN SMHB, Gubernur WH mengaku akan membantu pembangunan Perguruan Tinggi Islam Negeri di Banten itu agar lebih maju dan berkembang.

“Kita siap membantu UIN, nanti saya anggarkan. Yang penting kirim proposalnya. Dan saya siapkan 2.000 beasiswa untuk para mahasiswa. Untirta juga kita bantu Rp 100 miliar. Anggaran kita mencapai Rp 13,7 triliun  nomor lima se-Indonesia. Jadi kalau bantu UIN setengah triliun masih sanggup. Insyaallah," tegasnya disambut tepuk tangan hadirin.

“Saya merasa senang didoakan oleh para ulama dan para rektor maupun guru besar,” tambah Gubernur WH.

Sementara itu, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin menyampaikan orasi ilmiah dengan tema “Arus Baru Ekonomi di Indonesia Perspektif Syariah” di hadapan 840 wisudawan sarjana dan 90 wisudawan magister dari UIN SMH Banten.

Wakil Presiden juga menandatangani prasasti Peresmian UIN SMH Banten yang sebelumnya bernama IAIN SMH Banten. Perubahan bentuk IAIN SMH menjadi UIN SMH ini tertuang pada Perpres Nomor 39 Tahun 2017 tentang Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Sebelumnya, Gubernur WH menyambut kedatangan Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin di Stadion Seruni Cilegon. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments