Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

"East Cross Taxiway" Mulai Dioperasikan Di Bandara Soekarno-Hatta

Ilustrasi pesawat Garuda saat melintas.
(Foto: Istimewa)



NET -  East Cross Taxiway mulai dioperasikan PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, Senin (16/12/2019).

Pengoperasian East Cross Taxiway atau Jalur Penghubung Runway Selatan dan Runway Utara tersebut telah dilintasi oleh pesawat Garuda Indonesia GA-838 dengan nomor registrasi PK-GFE tujuan Singapura pada hari ini pukul 16.40 WIB.

Senior Manager Of Branch Communication & Legal Kantor Cabang Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Internasional Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang mengatakan selain dua pesawat Garuda Indonesia, East Cross Taxiway tersebut telah dilintasi pesawat Air Asia dan Batik Air.

“Jadi total untuk pengoperasian pertama terdapat empat pesawat yang telah melintas,” ujar Febri Toga.

Febri Toga Simatupang mengatakan dengan dioperasikannya East Cross Taxiway tersebut dapat memangkas holding time (waktu tunggu) pesawat yang akan lepas landas (take off) dan pesawat yang akan mendarat (landing) di Bandara Soekarno-Hata.

Dijelaskannya, pengoperasian East Cross Taxiway tersebut juga merupakan langkah PT Angkasa Pura II (Persero) untuk kelancaran angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

"Hal penting dari pengoperasian ini adalah, selain untuk mendukung sirkulasi pergerakan pesawat udara khususnya dari apron Utara menuju apron Selatan atau sebaliknya. Ini, kami pastikan akan menambah terhadap dukungan di Nataru tahun ini," jelas Febri Toga

East Cross Taxiway yang mulai dibangun pada Januari 2018 ini memiliki panjang 1.560 meter dengan lebar 60 meter. Fasilitas  ini juga dapat dilalui oleh pesawat jenis Airbus A380 Jumbo.

"Walaupun saat ini A380 belum masuk ke Indonesia. Tapi, kami pastikan jenis pesawat tersebut bisa melintasi East Cross Taxiway ini. Saat ini, kami sedang mengupayakan juga untuk mencoba Boeing 777-300 yang dimiliki Garuda dan maskapai lain, mungkin akan kami lakukan besok," tuturnya. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments