Gubernur: ASN Pertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Baca Juga

Gubernur Banten H. Wahidin Halim saat 
menyampaikan arahan Pancasila Sakti. 
(Foto: Istimewa) 




NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 "Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia" di halaman Sekretariat Daerah (Setda), Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP-3B), Jalan Syech Nawawi Albantani, Curug, Kota Serang pada Selasa (1/10/2019).

Gubernur mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat untuk mewaspadai paham yang dapat memecah belah bangsa dalam rangka mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.

Menurut Gubernur, paham yang perlu diwaspadai adalah ajaran yakni doktrin ideologi yang tidak sesuai dasar negara, terutama tidak mempercayai dan tidak meyakini adanya Tuhan serta hanya menganggap seluruh kejadian di dunia sebagai peristiwa alam. Namun, yang lebih berbahaya dari adalah karakter paham tersebut adalah prilaku tidak terpuji seperti provokasi, fitnah, iri dengki, adu domba, dan menyakiti orang yang tidak sepaham dengan ideologinya.

“Indonesia adalah negara yang meyakini adanya Tuhan, dan Pancasila sebagai dasar negara yang harus kita pertahankan dan lindungi dari paham-paham yang akan merusak nilanya,” tutur Gubernur.

Oleh karenanya, Gubernur mengajak seluruh ASN dan masyarakat Banten agar dapat kembali pada dasar negara yakni Pancasila yang harus terus disyukuri eksistensinya hingga saat ini. Gubernur  mengajak untuk membangun bangsa dengan melakukan ikhtiar yang baik dan tidak saling menyakiti antar sesama.

“Harus diingat, kita manusia dalam agama manapun selalu diajarkan untuk berbuat baik kepada sesama,” jelasnya.

Terlebih bagi kaum muslim, kata Gubernur, sebagaimana Islam merupakan agama rahmatan lil alamin, maka sudah menjadi kewajiban bagi pemeluk agama Islam senantiasa menebar kebaikan dan kasih sayang terhadap seluruh makhluk di alam semesta.

“Jadikan Al-qur’an sebagai pedoman hidup yang sesungguhnya. Karena dalam kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat itu berisi seluruh ajaran, petunjuk dan kejadian-kejadian yang telah dan akan terjadi di alam semesta ini,” imbuhnya.

Dalam upacara tersebut, Sekda Pemprov Banten Al Muktabar membacakan ikrar peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments