Satlinlamil Jakarta Latihan Penanggulangan Kebakaran

Baca Juga

Jajaran Satlinlamil paktek memadamkan kebakaran.
(Foto : Dade Fachri/TangerangNet.Com)


NET -  Untuk melaksanakan salah satu program Operasi Matra Laut (Latopsmatla) TA. 2019,  jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta melaksanakan latihan penanggulangan Bahaya kebakaran, di Mako Satlinlamil, Jakarta, Senin (5/8/2019). 

Menurut Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M. latihan tersebut dilakukan selain untuk melaksanakan program yang sudah ada juga untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di beberapa instansi, khususnya di TNI AL yang   menyebabkan kerugian materi akibat kelalaian. 

"Tingkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran, baik terhadap aset Kolinlamil di darat,  KRI, maupun lainnya. Mengingat lingkungan kerja kita dikelilingi oleh material yang mudah terbakar dan meledak," kata dia.

Dan setiap prajurit yang terlibat dalam organisasi PEK, katanya,  harus memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing.  Apa yang harus dilakukan, patut tertanam dan terpatri  dalam mindset setiap prajurit. Hal itu dapat terwujud melalui latihan rutin.

Sasaran dari latihan itu, tambahnya, untuk penyegaran kembali ilmu yang didapat selama bertugas. Agar dalam menangani kebakaran  lebih terampil dan maksimal.  "Latihan ini di mulai tanggal 5 - 10 Agustus 2019, dengan  diikuti 115 prajurit dari staf dan unsur KRI jajaran Satlinlamil Jakarta.      

Komandan Satlinlamil Jakarta, Kolonel Laut (P) Hery Winarno mengatakan pelatihan yang diselenggarakan harus mampu dikuasai oleh seluruh Prajurit.   "Para  prajurit harus mengawaki seluruh peralatan penanggulangan kebakaran ini. Tujuannya, agar mereka selalu siap dan sigap apabila terjadi bahaya kebakaran” kata  mantan Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun ini.    

Adapun materi dari  latihan tersebut, katanya, meliputi teori dan praktek lapangan yang dilaksanakan di Gedung Laut  Natuna dan  di Dermaga Beaching dan KRI. Dengan  instruktur dari Sops Satlinlamil Jakarta dan Perwira KRI bersama  Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara. (dade)

Post a Comment

0 Comments