49 Prajurit Satlinlamil Surabaya Latihan Dukungan Fasilitas Labuh

Baca Juga

(Foto: Dade Fachri/TangerangNet.Com)


NET - 49 prajurit Satlinlamil Surabaya terlibat dalam latihan dukungan fasilitas labuh yang berlangsung di Mako Satlinlamil Surabaya, Jumat (9/8/2019).

Menurut Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. latihan ini sangat penting, karena untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan setiap prajurit dalam hal memanfaatakan  fasilitas labuh secara maksimal

Dan latihan itu, kata dia,  juga untuk persiapan mendukung Latihan Gabungan TNI yang akan datang. "Sebagai Kotama Operasi TNI AL, Kolinlamil mengemban tugas sebagai Komando Tugas Gabungan Operasi Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin), untuk itu prajurit Kolinlamil dituntut profesional dalam memerankan fungsi dan tugas yang diemban Kogasgabratmin pada operasi gabungan TNI," kata Heru.      

Samahalnya  dengan perintah orang nomor satu di Kolinlamil, Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto. Ia mengatakan,  latihan yang diberikan kepada  personel Terminal Satlinlamil Surabaya itu,.dengan: tujuan agar para prajurit menguasai dasar-dasar pengoperasian fasilitas labuh dalam mendukung penugasan sehari-hari, terutama di bidang embarkasi debarkasi dan  pengetahuan bantuan navigasi di pelabuhan.  

Karena, kata dia,  proses embarkasi debarkasi tidak semata-mata memasukan atau mengeluarkan personel dan material  dari luar mapunndalam kapal, namun harus lebih detail dan perfect dalam mengatur, menghitung ruang muat, supaya optimal dalam memanfaatkan ruang di kapal. 

Sebab, lanjut dia, Kesalahan perhitungan dalam memuat atau membongkar akan berdampak pada stabilitas kapal saat berlayar dan efisiensi waktu saat debarkasi. Karena itu:, tambahnya, prajurit Satlinlamil dituntut untuk memahami prosedur Embarkasi/Debarkasi dengan baik. (dade)

Post a Comment

0 Comments