Pengurus SMSI se-Tangerang Rayai Dilantik

Baca Juga

Suasana pelantikan pengurus SMSI Tangerang Raya. 
(Foto: Istimewa) 


NET - Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang (Tangerang Raya) periode 2019-2022 dilantik oleh Ketua SMSI Banten Junaidi di Horison Grand Serpong, Jalan MH Thamrin KM 2.7,  Panunggangan Utara, Kebon Nanas, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (25/5/2019).

Ketua SMSI Provinsi Banten Junaidi mengatakan SMSI merupakan wadah organisasi bagi para pemilik media siber atau media daring di Indonesia. “SMSI juga sebagai wadah untuk mendata media daring yang ada di daerah,” terangnya.

Menurut Junaidi, perkembangan teknologi yang begitu cepat membawa perubahan sendiri bagi perilaku masyarakat dalam mencari informasi.

“Hanya dengan search di smartphone, semua tersedia baik informasi yang bermanfaat maupun informasi bohong atau hoax,” jelasnya.

Peran kehadiran wadah SMSI bertujuan untuk menjaga stabilitas perusahaan pers dalam menghadapi era digital, terutama dalam menghadapi kabar ataupun informasi yang beredar di media sosial

“Di sinilah peran SMSI, sebagai wadah organisasi untuk menjadi media daring yang mampu menangkal berita-berita hoax. Mengapa? Karena media daring merupakan produk jurnalistik yang patuh pada aturan Dewan Pers,” tutur Junaidi.

Dalam acara itu hadir Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Ketua PWI Banten, Ketua SPS Banten, Plt.Kadis Kominfo Tangsel, Kadis Kominfo Kabupaten Tangerang, Kapolres Metro Tangerang Kota yang di wakili Kabag Humas Kompol Abdul Rohim, dan Kabag Humas Pemkot Tangerang Felix dan perwakilan Kemendagri.

Sementara, Walikota Tangsel Benyamin Davnie yang menyampaikan peran penting media siber dalam memberi informasi kepada publik. Kehadiran SMSI dalam rangka membangun media siber yang sehat dan profesional.

“Semoga SMSI bisa membuat terobosan baru yang berdampak bagi banyak orang dan menjadi lokomotif solidaritas sosial dalam pembangunan daerah maupun pusat,” ujarnya.

Wakil Walikota menyebutkan media siber merupakan media alternatif, namun telah masuk dalam kelas media mainstream. Dengan posisi demikian, media online diminta untuk memberikan dampak positif di tengah masyarakat, bukan sebaliknya.

“Sebagai mitra pemerintah, wartawan menjadi kontrol pembangunan maupun kebijakan pemerintah. Untuk itu, dibutuhkan sinergitas pemerintah dengan media. Yuk, kita bareng-bareng membangun pemerintahan yang good governance,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua SMSI Kota Tangerang Selatan Jumaedi Ahcmad A yang akrab disapa Abie mengungkapkan, SMSI Kota Tangsel yang diketuainya akan menciptakan sinergitas kepada beberapa institusi, baik pemerintah maupun swasta.

“Hal yang pertama adalah mengawal kebijakan pemerintah dan bersinergi dengan menciptakan produk jurnalistik sesuai dengan aturan dan kode etik. Selain itu, juga bersinergi dengan pihak lainnya untuk mengembangkan potensi anggota,” ungkapnya

Pada pelantikan itu, SMSI Kota Tangerang Selatan diketuai oleh Jumaedi Ahcmad A, SMSI Kota Tangerang Ayu Kartini, dan SMSI Kabupaten Tangerang Wahyu Haryadi. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments