Mesjid Raya Al-Azhom, Tempat Berbuka Puasa Pavorit Warga

Baca Juga

Warga saat adzan berkumandang langsung 
membatalkan puasa dengan minum dan makan. 
(Foto: Syafril Elain/TangerangNet.Com) 




NET – Mesjid Raya Al-Azhom di Jalan Satria Sudirman, di seberang kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, salah satu tempat pavorit bagi warga untuk berbuka puasa pada Ramadhan 1440 H. Warga memenuhi masjid yang menjadi kebanggaaan warga Kota Tangerang ini diserbu dari berbagai penjuru Tangerang Raya yakni Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dan Kabupaten Tangerang.

Mesjid dengan daya tampung 15.000 jemaah tersebut selalu ramai dikunjungi warga sejak awal puasa Ramadhan 1440 H. “Hari biasa warga datang ke masjid ini selalu ramai. Tapi hari ini ramai sekali,” ujar Putri yang berdinas di masjid tersebut, Minggu (19/5/2019).

Putri menyebutkan sejak puasa di Mesjid Raya Al-Azhom tidak ada kegiatan yang istimewa namun warga tetap berdatangan untuk berbuka puasa dengan membawa bekal masing-masing. “Saya melihat satu keluarga ada bapak, ibu, dan anak-anak terus saat adzan berkumandang, mereka pun berbuka sembari tersenyum,” ungkap Putri yang bertugas menerima zakat fitrah.

Para pengunjung yang datang ke masjid raya tersebut tersebar di berbagai tempat. Ada yang mengambil duduk di teras depan, samping kiri atau kanan. Bahkan di dalam pun banyak meski tidak berdesak-desakan.

“Saya datang ke sini dari Sepatan (Kabupaten Tangerang). Senang kalau buka puasa di Mesji Raya Al-Azhom,” tutur Ny. Muniroh yang datang bersama suami dan anak-anaknya.

Ny. Muniroh mengaku berangkat dari rumah menuju ke masjid raya seusai sholah ashar. “Tadi, pas habis sholat ashar langsung ke sini,” ucap Ny. Muniroh.

Senada dengan dengan Ny. Muniroh, Ny. Shita pun merasa senang berbuka puasa di Mesjid Raya Al-Azhom.  “Ya, kalau di sini anak-anak senang bermain karena tempatnya luas. Cucu saya, senang kalau sudah sampai sini,” ujar Ny. Shita, warga Cengkareng, Jakarta Barat, yang datang bersama anak dan dua cucunya.

Ketua Harian Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Al-Azhom Ustadz Chaerudin menyebutkan setiap hari pantia menyediakan makan untuk buka puasa bagi jemaah. “Makan ini sumbangan dari donator. Ada makan kecil dan ada pula nasi kotak. Semua makanan kecil dan nasi kotak habis untuk dibagikan kepada jemaah yang datang ke masjid,” tutur  Ustadz Chaerudin.

Ustadz Chaerudin menyebutkan setiap hari warga yang datang Mesjid Raya Al-Azhom bisa mencapai ribuan. “Kalau hari biasa sekitar seribuan. Tapi kalau akhir pekan pada Sabtu dan Minggu bisa mencapa 2.000 sampai 3.000 orang,” ugkap Ustadz Chaerudin. (ril)

Post a Comment

1 Comments