Kwarda Banten Terjunkan 750 Anggota Ikut Lancarkan Mudik Lebaran 2019

Baca Juga

Apel siaga Pramuka Karya Bakti Lebaran 2019. 
(Foto: Istimewa) 




NET -  Ratusan anggota Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Banten diterjunkan untuk membantu warga yang ingin pulang kampung, pada arus mudik dan arus balik pada Idul Fitri 2109 ini.

Para anggota Pramuka tersebut tersebar pada 76 posko Lebaran yang ada di seluruh wilayah Provinsi Banten. Semua kegiatan ini bertajuk Karya Bakti Lebaran (KBL) 2019.

"Kita menurunkan sebanyak 750 personil untuk kegiatan Karya Bakti Lebaran (KBL) 2019 ini. Semua tersebar di posko yang ditunjuk pengurus Kwarda Banten,"  ucap Koordinator KBL 2019 Rudi Hadi seusai  gelar pasukan KBL 2019 di Lapangan Kwarda Banten, Kota Serang, Banten, Selasa (28/5/2019).


Pengurus Andalan Daerah Abdimasgana Kwarda Banten ini mengatakan kegiatan karya Bakti menjelang arus mudik dan arus balik Idul Fitri tahun ini ditempatkan di lokas strategis, dan banyak dilalui pemudik.

"Semua anggota yang diterjunkan di lapangan dibekali 3 tupoksi. Pertama memberikan informasi arah lalu lintas. Kedua aksi fisik yakni membantu para pemudik yg membutuhkan bantuan fisik. Ketiga, aksi sosial yakni memberikan takjil bagi pemudik yang menjalankan ibadah puasa," tambahnya.

Sementara itu Ketua Kwarda Banten Mohamad Masduki menjelaskan KBL merupakan agenda kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan sebagai bentuk Bakti Pramuka terhadap masyarakat.

"Karya Bakti Lebaran ini sebagai salah satu wujud anggota Pramuka yang ingin membantu pemudik agar selamat sampai tujuan," ucapnya.

Meski demikian, Masduki menyatakan anggota Pramuka yang terlibat dalam KBL harus mengukur beban yang diemban selama bertugas di lapangan. "Semua harus mengukur beban di lapangan. Jangan dipaksakan kalau tidak mampu atau diluar batas kemampuan. Semua harus sesuai porsinya," tambah Masduki menasihati para personil yang akan diterjunkan dalam KBL 2019. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments