Harga Sembako Naik, Pemkot Tangerang Siapkan Operasi Pasar

Baca Juga

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah 
menjawab pertanyaan wartawan tentang
harga sembako jelang Ramadhan. 
(Foto: Man Handoyo/TangerangNet.Com) 




NET - Memasuki bulan Ramandhan, beberapa harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota  Tangerang mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Hal itu terjadi pada harga cabe kriting merah dan hijau yang beberapa hari lalu hanya Rp 25 ribu naik menjadi Rp 40 ribu per kilogaram (Kg). Bawang putih dari Rp 24 ribu menjadi Rp 70 ribu per Kg,  kentang dari Rp 10 ribu menjadi Rp 15 ribu per Kg dan telor ayam dari  Rp 22 ribu menjadi Rp 26 ribu per Kg.

''Beberapa harga bahan pokok ini naik karena dari sononya (Pasar Induk Tanah Tinggi Kota Tangerang) sudah  naik," ujar Arif, pedagang kebutuhan bahan pokok di Pasar Anyar Kota Tangerang, Banten, saat didatangi Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah yang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar itu, Jumat (3/5/2019).

Mendengar informasi dari para pedagang, Walikota langsung meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) agar terus melakukan pemantauan. Tujuannya, agar stabilitas harga kebutuhan pangan tetap terjaga.

Dan Walikota pun memperkirakan harga bahan pangan tersebut hingga  sampai Lebaran akan terus  mengalami kenaikan. Itu terjadi karena setiap memasuki Ramadhan demand atau permintaan warga pasti meningkat, sedangkan stok barang tidak bertambah.

"Kemungkinan kenaikan harga akan  sampai Lebaran. Karena tadi pedagang bilang sudah mulai ada kenaikan pembelian menyambut Ramadan. Jadi kalau demand bertambah dan supply tetap, harga biasanya naik, itu hukum pasar," ucap Walikota.

Namun demikian, kata Walikota, masyarakat tidak perlu panik. Karena dalam waktu dekat  pihaknya akan melakukan operasi pasar di pasar-pasar lingkunngan yang tersebar di Kota Tangerang.

"Kita akan lakukan operasi pasar. Jadi masyarakat tidak perlu resah, kebutuhan Insya Allah akan bisa terpenuhi," tutur Walikota. (man)


Post a Comment

0 Comments