Kental Politik Identitas Prabowo Dan Jokowi Pada Pilpres 2019 Di Tangsel

Baca Juga

Dr. H. Hery Kustando
(Foto: Bambang TL/TangerangNet.Com)



NET – Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), peroleh suara antara Capres 02 Prabowo-Sandi dengan pesaingnya Capres 01Jokowi-Ma'ruf Amin, sangat kentara terjadinya politik identitas, yakni di beberapa TPS yang mayoritas dihuni oleh warga masyarakat keturunan Cina, Jokowi-Ma'ruf Amin unggul telak. Seperti yang terjadi di TPS 02, 03 dan 04 Blok SR Vila Melati Mas, Kelurahan Jelupang, Serpong Utara, Tangsel.

Di ketiga TPS tersebut Capres Jokowi-Ma'ruf Amin unggul telak atas Capres Prabowo-Sandi. Sementara di lima TPS di RW 022 Kampung Kayu Gede, Kelurahan Paku Jaya, Serpong Utara yang berpenduduk mayoritas pribumi dan Muslim, Capres Prabowo-Sandi yang menang telak. Begitu juga di Kampung Pondok Serut, Paku Jaya, Serpong Utara, Capres Prabowo-Sandi juga unggul atas Capres Jokowi-Ma'ruf Amin.
                                              
Dr. H. Hery Kustanto selaku Ketua Rukun Warga (RW) yang juga Ketua TPS 03 blok SR Vila Melati Mas, Jelupang, Serpong Utara, Tangsel, saat dikonfirmasi TangerangNET.com di lokasi TPS pada Rabu (17/4/19), mengatakan jumlah DPT di tiga TPS di wilayah RW 05 Blok SR kurang lebih 1.000 orang. Dan tingkat partisifasi warga pemilih di wilayah RW yang dipimpinya sekitar 70 persen. 

"Menurut saya tingkat partisifasi warga Blok SR masih kurang dalam Pilpres dan Pileg kali ini. Dan kurang partisifasi warga kami, menurut saya disebabkan harinya pelaksanaan pencoblosan yang kurang tepat. Hari Rabu ini adalah hari libur nasional dan besok Jum'at juga hari libur nasional, dan dilanjutkan lagi hari Sabtu hingga Minggu hari libur juga. Jadi terlalu banyak hari liburnya yang menyebabkan kelompok masyarakat yang kurang peduli Pemilu dengan berbagai sebab, memilih berlibur bersama keluarga ke dalam dan luar negeri," terang Hery.


Hery Kustanto menambahkan warga urban di Tangsel yang apatis terhadap Pemilu rata-rata memilih berlibur bersama keluarga. Tapi di wilayah RW 05, mayoritas ikut berpartisipasif dalam gelaran Pilpres dan Pileg 17 April 2019 kali ini. 

"Buat kami, warga Blok SR Vila Melati Mas, Event Pilpres dan Pileg ini juga, dijadikan sebagai ajang silaturrahmi antar warga RW 05 setelah sebelumnya masing-masing sangat sibuk dengan aktifitasnya," ungkapnya.

Sementara itu, Risman Permana selaku petugas Panwaslu Pilpres dan Pileg 2019 di Blok SR Vila Melati Mas mengatakan secara keseluruhan pelaksanaan pemungutan suara di tiga TPS di Blok SR berjalan dengan baik dan kondusif.

"Alhamdulillah pelaksanan pemungutan suara di Blok SR Melati Mas berjalan dengan baik mas. Hanya tadi saat penghitungan kertas suara oleh para petugas TPS, ada sedikit kekurangan kertas suara untuk DPR RI. Dan hal tersebut sudah saya laporkan kepada petugas KPU yang stand by di Kelurahan Jelupang, dan akan segera dikirimkan kekurangan kertas suaranya," tandasnya. (btl)

Post a Comment

0 Comments