Bawaslu Akan Usut Surat Suara Tercoblos Di Kolom Capres 01

Baca Juga

Petugas KPPS 65 Cipondoh Makmur perlihatkan
surat suara telah tercoblos sebelum digunakan.
(Foto: Istimewa) 




NET – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang akan mengusut atas dugaan terjadinya pencoblosan kertas suara Calon Pasangan Presiden dan Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) nomor urut 01 oleh orang yang tidak bertanggung jawab di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 65, Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

“Saya sudah dapat informasinya ada dugaan terjadinya pencoblosan sebelum digunakan oleh pemilih,” ujar Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim kepada TangerangNet.Com, Rabu (17/4/2019).

Agus Muslim menjelaskan telah memerintahkan Panwas Kecamatan Cipondoh untuk mendatangi lokasi TPS 65 terduga terjadi pencoblosan suara tersebut untuk berkoordinasi dengan Pengawas Kelurahan Cipondoh Makmur. “Saya minta semua data tentang kertas surat suara tercoblos itu disita dengan membuat berita acara,” ungkap Agus Muslim.

Atas terjadinya dugaan surat suara dicoblos tersebut, Agus Muslim meminta kepada semua warga yang punya hak untuk melaporkan kegiatan yang diduga curang kepada petugas Panwas atau Bawaslu Kota Tangerang. “Sebaiknya warga melaporkan kepada petugas Panwas atau Bawaslu agar bisa ditindaklanjuti,” ujar Agus Muslim.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Ahmad Syaelendra ketika diminta tanggapannya atas surat suara tercoblos, mengaku sudah diidentifikasi dan klarifikasi. “Kita sudah klarifikasi kepada petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara-red),” ucap Syaelendra.

Selanjutnya, berdasar pemantauan Bawaslu proses Pemilu 2019 di Kota Tangerang berjalan kondusif. Meski terjadi bebarapa insiden yang membuat warga kebingunan seperti yang terjadi Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Jalan TMP Taruna. “Mereka kekurangan form C-7. Namun, setelah dilaporkan ke KPU, masalah tersebut bisa diatasi,” tutur Agus. (ril)


Post a Comment

0 Comments