Karya Wisata Siswa SD Beri Pencerahan Aktifitas Pelabuhan

Baca Juga

Para murid SD meluapkan kegembiraan mereka. 
(Foto: Istimewa) 

NET – Sedikitnya 100 anak Sekolah Dasar (SD) dari SD Negeri 05 dan SD Barunawati IV, Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengikuti kegiatan field trip atau karya wisata.

Pelaksanaan field trip itu disambut antusias oleh  siswa-siswi tersebut. Tak ayal saat pengenalan tentang pelabuhan melalui video yang dikemas dengan visual cartoon menjadi daya tarik tersendiri. Para siswa-siswi tersebut mudah memahami tentang dunia kepelabuhanan. 

Sekertaris Perusahaan Terbatas Pelabuhan atau PTP Multipurpose Dewi Firiyani mengatakan kemasan materi yang menarik tidak hanya disuguhkan melalui video, pasalnya PTP Multipupose juga menghandirkan pendongeng, alhasil materi tentang kepelabuhanan mudah diserap oleh para siswa-siswi.

 Kegiatan tersebut dilakukan, kata Dewi Firiyani, sebagai tanggung jawab sosial dibidang pendidikan kepelabuhanan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu Fileld trip satu hari belajar tentang pelabuhan. Kegiatan field trip ini bertujuan untuk memberikan edukasi yang dibalut dengan hiburan tentang dunia kepelabuhanan kepada siswa-siswi  SD di wilayah Jakarta utara, Jumat (22/3/2019).

Dewi Firiyani mengatakan setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan berkunjung ke Museum Martim Indonesia. Di museum ini para siswa-siswi dapat melihat langsung sejarah kemaritiman Indonesia sejak zaman masa penjajahan, yang digambarkan melalui diorama-diorama yang ada dimuseum. 

“Bukan hanya tentang sejarah kemaritiman, para siswa-siswi juga melihat langsung gambaran perkembangan dunia pelabuhan di seluruh Indonesia,” tutur Dewi  Firiyani. 

Setelah puas melakukan kunjungan ke museum, kata Dewi,  para siswa-siswi diajak langsung untuk melihat suasana nyata aktifitas kepelabuhanan di wilayah PTP Multipurpose. Dari mulai suasana dermaga, aktivitas bongkar muat, hingga dapat melihat secara langsung bagaimana pelabuhan itu bekerja. 

"Kegiatan ini adalah bentuk tanggung jawab PTP Multipurpose, di bidang sosial khususnya pendidikan mengenai pengenalan tentang pelabuhan sejak usia dini. Semoga kegiatan in dapat bermanfaat bagi para siswa-siswi SD tersebut," kata SVP Sekertaris Perusahaan PTP Multipurpose Dewi Firiyani. (dade)

Post a Comment

0 Comments