Kapolres Peringati Hari Sampah Di TPA Jatiwaringin

Baca Juga

Kapolres Kota Tangerang AKBP M. Sabilul
Alif saat akan menanam pohon. 
(Foto: Suyitno/TangerangNet.Com) 


NET – Kepala Polres  Kota Tangerang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M. Sabilul Alif memperingati hari sampah sedunia di Tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA) Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (21/2/2019). 

Pada  21 Februari diperingati hari sampah sedunia dan nasional. “Saya mengajak semua elemen tokoh masyarakat mulai hari ini dan seterusnya kita harus perduli dengan sampah,” ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, sampah harus dimaknai sebagai tanggung jawab bersama. Guna membangun tata kelola sampah, TPA Jatiwaringin Mauk, setiap orang harus ikut perduli tentang kebersihan.

“Sekitar 14 tahun yang lalu terjadi ledakan di tempat pembuangan sampah di Lui Gajah, Jawa Barat. Ledakan tersebut menenggelamkan 2 kampung dan 127 orang meninggal dunia,” ujar Kapolres.

Sampah kalau dikelola dengan baik, kata Kapolres, akan menjadi pendapatan. Tetapi kalau sampah tidak dikelola akan membahayakan semua manusia. “Jangan membuang sampah di sungai,” ucap Kapolres.
 “Sampah lawan kita, mari.kita.perang terhadap sampah. Sampah bisa membahayakan keselamatan kesehatan kita jaga kebersihan dari sampah,” tutur Kapolres mengajak warga.

Memperingati hari sampah dikemas dalam apel pagi bersama unsur Kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan Ormas. Hadir pula Camat Mauk, Camat Rajeg, dan Camat Sukadiri, dan Ibu-ibu Darma Kartini. 

Wakil Kepala (Waka) Polres AKBP Komarudin mengatakan mari mengedukasi dan mengampanyekan sampah. “Sampah supaya bisa didaur ulang. Mengurangi volume sampah. Memerangi sampah. Menjadikan produk baru sampah supaya bisa mengurangi pengangguran,” ujar Komarudin.

Pengelolaan sampah menjadi yang penting, kata Komarudin, karena sistem pengelolaan tata sampah kalau dilakukan dengan baik akan bermanfaat. Kalau tidak baik akan membuat menjadi mudorot.

“Sampah Bandara Soekanro Hatta akan kita teliti dan kita kaji lagi.  Kalau tidak memperhatikan sisi kebaikan akan kita tindak,” tutur Waka Polres menanggapi banyaknya sampah dari  Bandara Soekarno Hatta dibuang ke TPA Mauk. (tno)

Post a Comment

0 Comments