Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tim Terpadu Bencana Tembus Akses Jakan Ke Kecamatan Sumur

Petugas operator menyingkirkan dahan 
pohon di Jalan Raya Kecamatan Sumur.
(Foto: Istimewa) 


NET - Proses penanganan dampak bencana tsunami Selat Sunda di Kecamatan  Sumur, Kabupaten  Pandeglang sudah  berlangsung sejak Minggu pagi (24/12/2018) secara terpadu antara Pemerintah Provinsi Banten, Pemkab Pandeglang, Pemerintah Pusat, Tentara Nasional Indonesia (TNI), danPolisi Republik Indonesia (Polri).
                 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten Hadi Soeryadi, memastikan alat-alat berat sudah berada dan bekerja membersihkan puing-puing di wilayah tersebut.

 “Alat-alat berat sudah bekerja sejak Minggu pagi,” ujar Hadi kepada wartawan, Selasa (25/12/2018). 
      
Hadi menjelaskan selain membersihkan puing dan membuka akses ke lokasi bencana di Kecamatan  Sumur, pihaknya sedang memperbaiki akses jalan menuju Sumur melalui Tanjung Lesung. Saat ini, pihaknya sedang memperbaiki jembatan yang tersebut. 

“Mungkin dua jam sudah bisa dilalui,” kata Hadi.  
            
Menurut Hadi, akses menuju Kecamatan Sumur relatif susah dilalui. Ada tiga akses jalan menuju Kecamatan Sumur. Pertama, akses jalan menuju Kecamatan Cibaliung dan Cimanggu.  Namun, saat ini ruas jalan Cimanggu -Sumur sedang dalam perbaikan. Sehingga, lamban untuk menjangkau wilayah Sumur. Kedua, melalui ruas jalan Tanjung Lesung -Sumur. Namun, sepanjang 10 kilometer masih dalam kondisi tanah. Ketiga, sebelum menemui jalan tanah, bisa berbelok menggunakan jalan milik Kabupaten Pandeglang. Namun, ada jembatan yang terputus. 

“Saat ini, kami sedang perbaiki. Sekitar dua jam lagi bisa dilalui,” tutur Hadi.
  
Sementara  Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana memastikan sudah berdiri Dapur Umum Lapangan (Dulap) di Hal Kantor Penyuluh KB Desa Kertajaya Kecamatan Sumur. Selain itu, sedang diupayakan pendirian dapur umum mandiri masyarakat di Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur. 

Saat ini, tim  dari Pemprov Banten dan Kabupaten Pandeglang serta TNI dipimpin Kasi Operasional Korem 064/Maulana Yusuf Serang Kodam III Siliwangi, Anjar Ariwibowo sedang meluncur ke Wilayah Sumur. 
      
Menurut Nurhana, Tim Penanganan Bencana Tsunami Selat Sunda sedang mengupayakan berdiri dapur umum mandiri masyarakat di Taman Jaya.  “Tim dan peralatan dapur umum sedang diupayakan sampai hari ini di Desa Taman Jaya,” ucap Nurhana.       
          
Sementara itu, Ketua Karang Taruna Pandeglang Oji Fahruroji menyataka, bantuan logistik sudah sampai ke Kecamatan Sumur sejak Minggu (24/12/2018). Bahkan, logistik sudah sampai ke daerah yang paling ujung Barat Pulau  Jawa yaitu Desa Ujung Jaya. 

Berbarengan dengan itu, Tim Kesehatan Penanggulangan Bencana Tsunami Selat Sunda menastikan  tim medis dan kesehatan lingkungan sudah banyak bertugas di Kecamatan Sumur.  Bantuan dan lain-lain sudah mencapai Sumur. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments