Pj Sekda Buka Festival Pencak Silat Perguruan Se-Indonesia

Baca Juga

Pj Sekda Ino S. Rawita dan Ketua DPRD Banten 
Asep Rahmatullah jelang pembukaan festival. 
(Foto: Istimewa)


NET – Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten Ino S. Rawita membuka Festival Pencak Silat Seni Pagelaran Atraksi Seni Budaya dan Debus Banten di Museum Negeri Provinsi Banten, Kota Serang, Rabu (14/11/2018). 

“Festival pencak silat ini merupakan ajang silaturahim para peguron (perguruan) silat tidak hanya dari Provinsi Banten, tapi juga dari provinsi lainnya di Indonesia,” ujar Ino.

Festival akan berlangsung dari 14 November sampai 17 November 2018. Kejuaraan ini diikuti 860 peserta terdiri atas 9 perguruan nasional, 70 juri festival, dan 12 provinsi . Rinciannya; Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Riau, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Gorontalo.

Pj Sekda mengatakan Gubernur Banten Wahidin Halim sangat mendukung penuh diselenggarakannya Festival Pencak Silat Seni Pagelaran Atraksi Seni Budaya dan Debus Banten di Provinsi Banten. Rasa bangga Gubernur karena Provinsi Banten dipercaya menjadi tuan rumah festival tersebut.

Dengan adanya festival tersebut, kata Ino, diharapkan perguruan silat di Banten  dapat terus memperjuangkan hak-hak para pesilat agar lebih maju lagi.

“Kepada IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia-red) agar masuk ke sekolah memberikan pembinaan agar para siswa memiliki stamina yang kuat, sehat, dan kepercayaan diri dan kekuatan batin,” tutur Pj Sekda.

Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Edhi Prabowo menjelaskan kejuaraan ini merupakan agenda rutin IPSI setiap tahun. Dalam penyelenggaraan Kejuaraan Nasional ini, diharapkan kepada wasit dan juri agar bersikap objektif dalam memberikan penilaiannya dan fokus pada kualitas yang ditampilkan atlet.

Sementara itu, Ketua IPSI Banten Ajat Sudrajat menuturkan maksud dan tujuan diadakannya festival ini adalah untuk mengembalikan semangat jiwa pencak silat khususnya di Provinsi Banten, umumnya di Indonesia. Tujuannya adalah menciptakan atlet-atlet yang berprestasi yang layak dipertandingkan tidak hanya pada tingkat nasional dan Asia, tapi juga tingkat dunia. (*pur)

Post a Comment

0 Comments