Kembangkan Kampung Tematik, Arief Kunjungi Sejumlah Kota Di Indonesia

Baca Juga

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah
saat berada di Kampung Syber, Yogyakarta.
(Foto: Pemerintah Kota Tangerang)



GUNA mempercantik Kota Tangerang, Walikota Tangerang terus melakukan berbagai kunjungan ke daerah-daerah  di Indonesia. Tujuannya tidak lain untuk berbagi ilmu dalam rangka menggalakkan kampung tematik yang saat ini menjadi salah satu program Pemerintah Kota Tangerang.

"Kolaborasi dan berbagi ilmu ini merupakan  salah satu kunci untuk memecahkan berbagai persoalan perkotaan, termasuk di Kota Tangerang yang saat ini menggalakkan kampung tematik," ujar Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah seusai berkunjung  ke Kampung Cyber di Kelurahan Patehan, Yogjakarta, Rabu (28/11/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Walikota Tangerang langsung diterima oleh Antonius Sasongko, penggagas Kampung Cyber yang juga Ketua RT 36 RW 09, Kelurahan Patehan, Yogjakarta.

Dan Kampung Cyber itu, kata Walikota, merupakan  salah satu Kampung Tematik yang hampir seluruh rumah di kawasan tersebut sudah tersambung dengan layanan internet yang dikelola secara mandiri oleh warga. "Saat ini Kampung Cyber ini sudah menjadi Kampung Wisata yang menawarkan perpaduan antara kemajuan teknologi dan tradisi Yogyakarta. Sehingga banyak tokoh yang telah berkunjung ke Kampung Cyber, seperti pendiri Facebook Mark Zuckenberg dan juga Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara," ungkap Walikota.

Dan semangat Pemda Kota Tangerang saat ini, kata Walikota, untuk  membenahi persoalan perkotaan dari level yang paling kecil yaitu RT atau RW, sehingga harus datang ke Kampung Cyber guna berbagi ilmu dai ide yang kreatif dari masyarakat. Karena semangat berbagi ilmu itu dipastikan menjadi kunci bagi kota-kota di Indonesia untuk bisa memecahkan berbagai persoalan di wilayahnya.

"Untuk kemajuan di daerah yang lain, kami pun juga sudah berbagi ilmu aplikasi yang  kami bangun ke seluruh Kota di Indonesia dengan gratis," tutur Walikota.

Lebih jauh Walikota menjelaskan seiring dengan terjalinnya komunikasi dan kolaborasi antar-kota, diharapkan berbagi persoalan yang ada di kota tersebut bisa dihadapi dengan baik. "Sebelum kami berkunjung ke Kampung Cyber. Terlebih dahulu kami juga berkunjung ke Malang, Jawa Timur, untuk melihat penataan kampung di daerah tersebut," ujar Walikota.

Kemudian, kunjungan itu juga dilakukan  ke Semarang, Jawa Tengah, guna berbagi ilmu soal  pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di kampung-kampung. Dari hasil kunjungan tersebut, kata Walikota, langsung implementasikan di Kota Tangerang,  sehingga kampung-kampung Tematik di Kota Tangerang terus menggeliat.

Sementara itu, Antonius Sasongko, Pendiri Kampung Cyber yang juga Ketua RT di lingkungannya  menyampaikan apresiasinya kepada Pemkot Tangerang yang sangat serius membenahi persoalan perkotaan dengan memulainya dari kampung.

"Terus terang kalau kami di sini mandiri Pak, munculnya Kampung Cyber itu murni berasal dari masyarakat tidak ada campur tangan pemerintah. Karenanya, kami sangat kagum dengan semangat Pak Walikota yang begitu perhatian dengan wilayahnya," ungkap Antonius. (Adv)

Post a Comment

0 Comments