Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur: Jelang Pemilu Serentak 2019, Keamanan Banten Kondusif

Gubernur Banten H. Wahidin Halim saat
menyampaikan sambutan pada apel tiga pilar.
(Foto: Istimewa)


NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim atau WH optimis keamanan dan ketertiban Provinsi Banten tetap kondusif jelang Pemilu serentak 2019. Hal tersebut diyakini Gubernur mengingat sinergitas antara pejabat sipil, Polri dan TNI yang terjaga baik mulai dari tingkat desa.

“Yang pertama, Saudara adalah garda terdepan dalam rangka pembangunan kesejahteraan. Garda terdepan dalam menjaga wilayah territorial. Garda terdepan yang senantiasa mendapatkan informasi-informasi dalam rangka pencegahan dini,” ujar Gubernur Wahidin Halim saat memberikan sambutan pada Apel Besar Tiga Pilar di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (23/10/2018) sore.

Di hadapan ratusan polisi, TNI, dan lurah se-Banten tersebut, Gubernur kembali mengengingatkan tugas besar sudah menanti, yaitu menjaga kodusifitas daerah masing-masing jelang Pemilihan Umum Presiden dan Pemilihan Umum Legislatif 2019 mendatang. Gubernur berharap dengan adanya apel ini dapat meningkatkan sinergitas yang sudah terjalin.

“Saya berharap dengan apel ini, kita bangun sinergitas dari semua elemen, kondisi masyarakat Banten yang kodusif seperti ini harus tetap kita pertahankan,” ujarnya.

Gubernur WH yang kenyang pengalaman di pemerintahan ini juga menyampaikan apresiasinya kepada pejabat desa baik dari sipil, Polri maupun TNI dalam menjaga keamanan dan kerukunan masyarakat, sebagai cegah tangkal dini.

“Saya pernah menjadi kepala desa selama 12 tahun. Saya pernah menjadi lurah selama 8 tahun. Saya pernah menjadi camat selama 10 tahun. Jadi, saya tau persis perjuangan dari saudara sekalian,” ucap  Gubenrur WH mengenang.
Sementara itu, Kapolda Banten Komisaris Besar Polisi Teddy Minahasa Putra menyebutkan tingkat kerawanan Pemilu di wilayah hukum Polda Banten memasuki katagori sedang. Hal ini menurut indeks kerawanan Pemilu yang dicanangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU.

“Kalau kriteria dan sebagainya ada di sana, kewenangan KPU,” kata Kapolda Banten, sesuai apel besar tiga pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa) jajaran Polda Banten, dalam rangka menyukseskan pengamanan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di wilayah hukum Polda Banten.

Kapolda menjelaskan Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kepala Desa atau disebut tiga pilar, memiliki tugas mencari deteksi dini terhadap semua dinamika masyarakat, baik ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

“Semuanya mereka yang terdepan,” imbuhnya.

Kapolda menyebutkan etalase terdepan di dalam cegah dini dan tindak dini, juga ada pada tiga pilar tersebut. “Itu dalam situasi rutin, tetapi dalam konteks Pemilu mereka juga kedepankan menjadi organ terdepan dalam memetakkan setiap potensi kerawanan,” tukasnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments