Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur Harapkan ICMI Kelola Potensi Banten

Gubernur Banten H. Wahidin Halim (baju putih)
bersalaman dengan Lili Romly, Ketua Orwil Banten. 
(Foto: Istimewa)

NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim mengharapkan pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Banten harus mampu berkiprah dan berkontribusi dalam mengelola potensi Banten agar menjadi daerah yang jauh lebih maju.

Gubernur Banten mengatakan hal itu saat menghadiri Pelantikan Pengurus ICMI Oganisasi Wilayah (Orwil) Banten periode 2018 - 2023, sekaligus membuka Seminar Nasional bertemakan “Mengoptimalkan potensi Kemaritiman di Banten Melalui Sinergi Para Pemangku Kepentingan”, di Pendopo Gubernur, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP-3B), Jalan Syech Nawawi Albantani, Palima, Kota Serang, Selasa (30/10/2018).

Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus ICMI Orwil Banten dilakukan oleh Ketua Umum ICMI Pusat Jimly Asshiddiqie kepada Lili Romly selaku Ketua ICMI Orwil Banten yang baru. Pada kesempatan itu, dilakukan pula MoU antara ICMI Orwil Banten, DPRD Provinsi Banten dan PT Krakatau Tirta Industri.

“Dengan dilantiknya kepengurusan ICMI Orwil Banten periode 2018 - 2023, mari kita tunggu kiprah dan kontribusi pemikiran ICMI bagaimana mengolah Banten yang sangat potensial ini. Kalau ICMI mampu membuat konsep yang jelas, apalagi mampu mengelolanya, saya berikan applaus. Saya yakin ICMI bisa mewujudkannya," ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, tata kelola pemerintahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten saat ini sudah lebih baik dan lebih tersistem. Terbukti dengan diperolehnya opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) sebagai salah satu upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel.

Gubernur mengharapkan agar para cendikiawan dan intelektual asal Banten, khususnya yang tergabung dalam ICMI, dapat memotivasi diri untuk turut membangun Banten dan tidak hanya berkiprah dan berkutat di tingkat nasional saja.

"Segera pulang kampung, ayo sama-sama kita bangun Banten," tegas Gubernur.

Salah satu, kata Gubernur, ICMI dapat berperan dalam mengantisipasi terjadinya potensi perpecahan antar kelompok masyarakat akibat perbedaan pilihan politik. Namun, Gubernur meyakini masyarakat Banten tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang memicu terjadinya perpecahan.

Sementara itu, Ketua ICMI Pusat Jimly Asshiddiqie mengatakan kepengurusan ICMI Orwil Banten dapat segera efektif menggerakan roda organisasi, sharing pemikiran pada persoalan umat, bersinergi dengan pemerintah dalam rangka membantu kemajuan negeri.

“Kita telah sepakat membangun bangsa bersama berdasarkan Pancasila sesuai yang telah diamanatkan oleh Undang-undang Dasar 1945. Peran kaum cendikiawan sangat menentukan untuk memajukan bangsa,” imbuh Jimly.

Hadir acara itu Kapolda Banten Brigjen (Pol) Teddy Minahasa,  Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Sekjen ICMI Pusat Jaffar Nafzah, Mantan Bupati Serang Taufik Nuriman. (*/pur)






Post a Comment

0 Comments