Banten Bersih Akan Bergerak “Jangan Pilih Caleg Mantan Koruptor”

Baca Juga

Koordinator Banten Bersih Gufroni.
(Foto: Syafril Elain/Dok. TangerangNet.Com) 



NET – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak dalam bidang pemberantasan korupsi Banten Bersih akan bergerak menyosialisasikan dan sekaligus mengampanyekan “Jangan Pilih Mantan Koruptor” calon anggota legislative (Caleg) dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019.

“Iya tentu saja, kami akan kampanyekan agar warga tidak memilih Caleg mantan koruptor,” ujar Koordinator Banten Bersih Gufroni kepada TangerangNet.Com, Sabtu (22/9/2018).

Hal itu disampaikan oleh Gufroni sekaitan dengan pasca ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) pada Pemilu Legislatif 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten. Di Banten ada enam caleg mantan koruptor, dua di provinsi, dua di Kabupaten Pendeglang, dan dua di Kota Cilegon.

Caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten mantan koruptor dua orang dari Partai Golkar yakni Desy Yusandi dan Agus Mulyadi Randil. Kemudian dua Caleg di Kabupaten Pandeglang yakni Heri Baelanu dan Dede Widarso dari Golkar. Sedangkan Caleg tingkat DPRD Kota Cilegon yakni Jhoni Hasibuan dari Partai Demokrat dan Bahri Syamsu dari Partai Amanat Nasional (PAN).

“Pertama, tentu saja setelah ditetapkan DCT oleh KPU Banten, Banten Bersih menyatakan kecewa atas penetapan tersebut meski kami harus menghormatinya karena sudah keluar putusan MA (Mahkamah Agung-red),” tutur Gufroni.

Ketika ditanya seperti apa sosialisasi dan kampanye anti-caleg mantan koruptor, Gufroni mengatakan banyak cara.  “Yang paling bisa dilakukan melalui kampanye di sosial media dengan memuat nama dan foto caleg mantan napi koruptor disertai Dapil (Daerah Pemilihan-red)-nya agar warga di dapil tersebut tidak mencoblosnya,” ungkap Gufroni.

 Selain itu, kata Gufroni, akan dilakukan secara terus menerus sampai jelang hari pencoblosan. “Termasuk, kami akan mengdakan konferensi pers menjelang hari pemungutan suara atau sebelum masuk masa tenang untuk warning jangan pilih mantan napi koruptor,” ucap Gufroni.

Gerakan yang akan dilakukan oleh Banten Bersih tersebut mendapat sambutan dari warga. “Betul, harus ada orang atau LSM yang bergerak menyerukan agar Caleg mantan koruptor jangan dipilih. Saya setuju itu,” ujar Eri Wibawa kepada TangerangNet.Com. 

Eri yang warga Kelurahan Cikokol, Kota Tangerang tersebut menyarankan kepada Banten Bersih agar menyebarkan foto mantan koruptor tersebut ke setiap RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga) di daerah pemilihannya.

“Saya yakin kalau warga tau ada mantan koruptor di Dapil tersebut, pasti tidak akan dipilih,” tutur Eri Wibawa. (ril)

Post a Comment

0 Comments