Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Penanaman Benih Mangrove Di Kawasan Ekonomi Pantai Indah Kapuk

Sejumlah pekerja saat menanam benih mangrove: diperlukan. 
(Foto: Dade Fachri/tangerangnet.com)  

NET - Keberadaan hutan mangrove di daerah Jakarta khususnya di pesisir Utara tentunya diperlukan bagi masyarakat sekitar. Selain melindungi garis pantai yang rentan dari hempasan gelombang karena akar mangrove dapat menahan tanah juga dapat mencegah erosi pantai. PT Multi Terminal Indonesia melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan melakukan penanaman benih mangrove di Ekowisata Pantai Indah Kapuk.

"Kegiatan Penanaman benih mangrove ini merupakan bagain dari program CSR Perusahaan, dengan melakukan penanaman mangrove diharapkan memiliki dampak yang baik bagi lingkungan kita," ujar Direktur Keuangan dan SDM PT MTI Miftahul Huda, Kamis (9/5/2018), di Jakarta.

Kegiatan seperti itu, kata Huda, merupakan tanggung jawab bersama dalam mewujudkan lingkungan yang sehat.  Hutan mangrove mempunyai banyak sekali manfaat bagi ekosistem tidak hanya sebagai penahan abrasi air laut, tetapi juga tempat tinggal hewan dan tumbuhan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kepala Bidang Kehutanan Provinsi DKI Jakarta yang sudah memfasilitasi kegiatan ini, hal ini merupakan kontribusi perusahaan terhadap kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sehat khususnya di daerah Jakarta," ujarnya.

Kepala Bidang Kehutanan Provinsi DKI Jakarta Jaja Suarja mengungkapkan luas hutan mangrove Pantai Indah Kapuk ini sekitar 337 hektare, cukup luas jika dilihat dari letak geografis Jakarta utara.

Akan tetapi jika dilihat luas keseluruhan DKI Jakarta masih sangat kecil, baru sekitar 0, 04 persen untuk ukuran Ruang Terbuka Hijau. Ruang Terbuka hijau DKI Jakarta saat ini memiliki 11 persen.

"Masih jauh dari target untuk kualifikasi persyaratan kota sehat yaitu Ruang Terbuka Hijaunya mencapai 30 persen. Tentunya dengan keberadaan hutan mangrove sebagai Ruang Terbuka ini sangat diperlukan oleh masyarakat, banyak masyarkat maupun instansi yang berkunjung ke kawasan ekowisata Pantai Indah Kapuk ini. Mereka melakukan beberapa kegiatan. Kami mengucapkan terimakasih kepada PT MTI yang peduli terhadap lingkungan khususny keberadaan hutan mangrove ini," kata Jaja.

Miftahul Huda mengatakan PT Multi Terminal Indonesia menanaman sebanyak 200 benih mangrove yang dilakukan oleh pekerja MTI. Dengan penanaman ini Perusahaan berharap dapat memberikan dampak positif bagi kelangsungan ekositem dan ikut serta dalam melestarikan alam," ungkap Miftahul. (dade)

Post a Comment

0 Comments