Kabupaten Toli-Toli Diguncang Gempa Bumi Tektonik

Baca Juga

Ilustrasi Kabupaten Toli Toli.
(Foto: Istimewa)  

NET - Wilayah Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah, diguncang gempa bumi tektonik pada Sabtu (19/5/2018) pukul 03:26 WIB. Hasil analisa pemuktakhiran Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=50.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteoroligi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono, S.T., Dipl. Seis., M.Sc mengatakan Episenter terletak pada koordinat 1,21 LU dan 120,13BT, atau tepatnya berkolasi di laut pada jarak 31 km arah barat laut Kota Ogotua, Kabupaten Toli-Tolo, Provinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 16 km.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan dirasakan di daerah Toli-Toli dan Donggala dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI),” ujar Rahmat kepada wartawan, Minggu (20/5/2018) di Jakarta.

Jika ditinjau dari kedalaman hiporsenternya, kata Rahmat, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduk lempeng laut Sulawesi. Hal ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh defornasi kerak bumi dengan pergerakan naik (thrust fault).

"Hingga pukul 04:00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan sebanyak satu kali yaitu pada pukul 03:31 WIB dengan kekuatan M 4,9," ujarnya.

Rahmat mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruhi oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (dade)

Post a Comment

0 Comments