Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi Banten Terus Meningkat

Gubernur BI Agus Martowardojo dan Gubernur Banten H. Wahidin 
Halim saat memberikan penjelasan kepada wartawan. 
(Foto: Syafril Elain, Tangerangnet.com).    
NET – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Marltowardojo merasa yak pertumbuhan ekonoi Provinsi Banten akan terus naik di atas rata-rata pertumbuhan nasional. Hal ini bisa terjadi karena Gubernur Banten dibawah kendali H. Wahidin Halim yang punya komitmen untuk memajukan rakyatnya.

Gubernur BI mengatakan hal itu saat dilakukan peresmian Gedung BI perwakilan Provinsi Banten di Jalan Raya Pandeglang, Kota Serang, Jumat ( 15/9/207). Pada peresmian itu hadir Bupati Serang Hj. Tatu Chasanah, Bupati Pandeglang Irna Narulita, pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Agus Martowardojo menjelaskan pertumbuhan ekonomi secara nasional 5,4 sedangkan pertumbuhan ekonomi Banten mencapai 5,6 persen melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini menunjukkan kinerja Pemerintah Provinsi Banten dibawah pemimpin yang punya komitmen kuat.

“Bila pemimpinnya punya komitmen yang kuat, pertumbuhan ekonomi selalu bagus,” ujar Agus yang mantan Menteri Keuangan itu.

Namun, kata Agus, selain pertumbuhan ekonomi yang kuat perlu juga dikendalikan laju inflasi karena hal ini dapat membahayakan. “Inflasi itu dapat mencuri uang rakyat. Saya yakin Pak Wahidin bisa menekan laju inflasi di Provinsi Banten,” ucap Agus.

Menurut Agus, laju inflasi Provinsi Banten pada 2014 sebesar 10 persen. Namun, pada 2016 turun menjadi 2,9 persen. Sementara laju inflasi secara nasional pada 2016 sebesar 3,0 persen. Pada 2018 laju inflasi secara nasional diperkirakan mencapai 3,5 persen atau 3,5 ditambah 1 persen.

“Saya berharap laju inflasi Provinsi Banten tidak melebihi angka 3 persen yakni dibawah laju inflasi nasional. Hal ini bisa dilakukan bila pergerakan ekonomi sektor rakyat bisa digerakan,” ujar Agus.

Sementara itu, Gubernur Banten H. Wahidin Halim mengatakan pertumbuhan Provinsi akan tumbuh pesat karena sejumlah proyek infrastruktur sedang dan akan dibangun. Pembangunan jalan di sepanjang pantai mulai dari Tangerang sampai Serang bahkan sampai Bayah, Kabupaten Lebak, dan Merak, Cilegon.

“Infrastruktur yang baik dapat mendorong pergerakan ekonomi rakyat yakni memudahkan memasarkan hasil pertanian dari Kabupaten: Serang, Pandeglang, dan Lebak. Banten punya hasil pertanian yang potensial seperti beras, jagung, dan kedelai.Perdagangan tradisional seperti kelapa sudah lama berlangsung,” ungkap Wahidin meyakinkan.

Bukan itu saja, kata Wahidin, hasil tangkapan ikan pun menjadi andalan. “Baru-baru ini saya  mengetahui ikan dari Bayah, Lebak, dibawa ke Sulawesi untuk diolah kemudian dijual ke Jakarta. Nah, saya potong jalur dengan mengolah sendiri dan langsung menjual ke Jakarta. Saya dan Gubernur DKI Jakarta Jarot Syaiful Hidayat sudah membuat kesepahaman tentang hal tersebut,” ucap Wahidin.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi ke arah Selatan, kata Wahidin, dapat menekan desparitas yakni ketimpangan kondisi ekonomi Barat dan Selatan. Oleh karena itu, pembangunan ke arah Kabupaten: Serang, Pandeglan, dan Lebak terus ditingkatkan demi kesejatheraan rakyat.   (ril)


Post a Comment

0 Comments