Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ahok Ditahan Di Ruang Admisi Orientasi Rutan Cipinang

Para pendukung Ahok yang memadati jalan di depan
Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur.  
(Foto: Dade, Tangerangnet.com)  
NET - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok langsung ditahan Rutan Cipinang setelah divonis bersalah melakukan penodaan agama karena dinilai merendahkan surat Al Maidah ayat 51, namun Ahok akan menempati ruang orientasi sebelum masuk sel tahanan.

"Sama dengan yang lain, memang ada perlakuan khusus, sama dengan orang lain. Ada istilahnya AO yakni admisi orientasi, SOP (Standar Operasional Prosedur-red)-nya seperti itu. AO artinya orang itu menyesuaikan dengan lingkungan kan itu lingkungan khusus," ujar Dirjen Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmiantha Dusak di BPSDM Kemenkum HAM, Cinere, Depok, Selasa (9/5/2017).

Ruang orientasi, menurut Dusak, menjadi tempat tahanan baru menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Di ruangan ini Ahok akan diberikan pengarahan termasuk soal tata tertib di rumah tahanan (Rutan) supaya tidak terjadi benturan. Lamanya Ahok di dalam ruangan ini sebelum dipindahkan ke sel biasa tergantung dari hasil penilaian dari masa orientasi bisa seminggu atau paling lama satu bulan.

"Nanti tergantung assessmentnya seminggu dua mingggu (sebelum) ditaruh ke kamar di mana dia (Ahok-red) ditempatkan. Tergantung evaluasi dari assessmentnya. Kalau dia (Ahok-red) sudah cepat menyesuaikan diri tidak apa karena biasanya orang baru masuk Rutan, Lapas (Lembaga Pemasyarakatan-red) kecenderungan stresnya tinggi, bisa bunuh diri dan macam-macam," tutur Dusak.

Sementara itu, Istri Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan, dan putra pertama mereka, Nicholas Sean Purnama, menjenguk Ahok di Rutan Cipinang dan mereka tidak mau berkomentar tentang vonis 2 tahun Ahok. Namun, Veronica yang mengenakan pakaian berwarna putih dan celana panjang berwarna hitam, bergegas masuk menuju Rutan dan Veronika terlihat dikawal 2 orang itu terlihat sedih.

"Selang 5 menit kemudian, putra sulung Ahok, Nicholas menyusul tiba dengan mobil Hummer berwarna abu-abu. Nicholas tidak memberikan komentar apa pun. Keduanya kini telah masuk ke ring I Rutan Cipinang," ungkap Veronika. (dade)

Post a Comment

0 Comments