Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Batik Anyer Akan Jadi Andalan Souvenir Wisatawan

Ratu Tatu Chasanah  (berdiri) sedang perhatikan motif batik.
(Foto: Istimewa)  
NET – Batik selama ini banyak dikenal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta dan dari Banten belum terdengar. Muncullah gagasan dari  Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah agar Kabupaten Serang memiliki batik khas daerah dan kini mulai terwujud. Gagasan tersebut kemudian didiskusikan serta diwujudkan bersama Framadea, tokoh masyarakat Kecamatan Anyer dengan meluncurkan Batik Anyer, Kamis (30/3/2017).

Framadea menyebutkan  Kecamatan Anyer harus punya kelebihan selain destinasi wisata pantai. Salah satunya diwujudkan dengan sentra pembuatan Batik Anyer. "Produksi Batik Anyer ini berdasarkan obrolan saya dengan Ibu Tatu, agar Anyer ini punya destinasi selain pariwisata yang punya nilai ekonomi tinggi," ungkap Framadaea, yang dikenal sebagai  Pembina Batik Anyer  tersebut.

Bukan hanya produksi Batik Anyer, Framadea juga memberdayakan masyarakat Kecamatan Anyer dan Cinangka. Kemudian melatih siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas (SMA) agar  bisa membatik. "Kami mengangkat nama Batik Anyer karena ingin mengangkat kearifan lokal, dan menambah destinasi wisata di Kecamatan Anyer," ujarnya.

Tatu mengakui  Batik Anyer berawal dari diskusi  bersama Framadea dan Helldy Agustian, pengusaha Banten yang telah membuat brand Batik Krakatoa di Kota Cilegon. "Ini bentuk sinergitas antara Pemda Serang dengan tokoh masyarakat dan pengusaha di Kabupaten Serang," tutur Tatu.
                                                                                                                              
Batik Anyer, kata Tatu,  bisa menjadi souvenir atau oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Anyer. "Bahkan wisatawan bisa mencoba cara membatik," ucap Tatu.

Bahkan Tatu meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membuka pelatihan khusus membatik bagi siswa SMK di sekitar Anyer dan Cinangka. "Lulusan SMK memang kita dorong untuk berwirausaha," ujarnya.

Perajin batik di Kabupaten Serang juga berada di Kecamatan Kramatwatu dan Gunungsari. "Saya ingin kita diskusikan bersama, para pengusaha batik duduk bersama untuk membuat batik khas Kabupaten Serang. Kita bersama memajukan perekonomian masyarakat," tutur Tatu.

Sekadar diketahui, ada belasan motif Batik Anyer  antara lain motif Mercusuar Nol Kilometer, motif Karang Bolong, dan motif Pendopo Bupati Serang. (*/ril)

Post a Comment

0 Comments