Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pengelolaan Perbatasan Negara Perkuat Daerah dan Desa

Wiranto: pembangunan kawasan perbatasan.
(Foto: Dade, TangerangNET.Com)  
NET - Menteri Kordinatoor Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan pengelolaan perbatasan negara selama 5 tahun ke depan 2015-2019 diarahkan pada upaya perwujudan perbatasan strategis dalam program Nawacita ke-3 Presiden RI 2014-2019. Pengelolaan perbatasan negara akan diselenggarakan dalam rangka membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Wiranto mengatakan batas wilayah negara penyelesaian batas darat, laut, udara dan pemanfaatannya Sarpras Hankam dan Gakum, Diplomasi Perundingan, dan Operasi Pengamanan Terpadu. "Masalah  lintas batas negara  menyangkut Criminal Border, Illegal Trafficking, Terorist, Pos Lintas Batas Negara dan CIQC, dan Diplomasi Lintas Batas Negara," ujarnya.

Pembangunan kawasan perbatasan , kata Wiranto, berkaitan dengan Infrastruktur Dasar Pembuka Keterisolasian Kawasan Perbatasan yakni  Infrastruktur Dasar Pembuka Keterisolasian, Infrastruktur Pendukung Perekonomian Rakyat, Infrastruktur Pelayanan Sosial Dasar, Potensi Kawasan Perbatasan dan Tata Ruang.

"Oleh karena itu, kelembagaan sistem dan mekanisme perencanaan dan pengendalian terpadu, capacity bulding/kapasitas apartur dan masyarakat, kerjasama anta Lembaga Internasional/Nasional, dan keterkaitan dokumen perencanaan," ungkap Wiranto. (dade)

Post a Comment

0 Comments