Toha, Bangga Jadi Penjaga Parkir di Lahan Bekas Pertokoan Olahraga

Baca Juga

Bangun Toha dan Iwan Sanusi: dapat gaji UMR.  
(Foto: Syafril Elain, TangerangNET.Com)  
NET – Bangun Toha, 29, mengaku sebagai orang  Tangerang asli. “Saya orang Tangerang asli bukan orang Batak,” ujar Toha, ketika berbincang dengan TangerangNET.Com di lahan parkir PT KAI, Minggu (13/9/2015).

Sejak empat bulan lalu Toha yang banyak dikira orang Batak itu, ditugaskan oleh PT Restcar Parkir, pengelola parkir lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Tangerang, di bekas bongkaran pertokoan alat olahraga. “Sebelumnya, saya  tugas parkir di dalam halaman kereta api tapi sejak empat bulan lalu ditugaskan di sini,” tutur Toha.

Tempat tugas baru Toha adalah bekas pertokoan alat olahraga di Jalan Ki Samaun yang berseberangan dengan Pendopo Kabupaten Tangerang. Pada awalnya, lahan tersebut  belum rapi namun minat pengguna jasa kereta api untuk memarkirkan kendaraan seperti motor, tinggi.

“Sekarang sudah mendingan, Mas. Sudah ada pagar dan halaman parkirnya sudah diaspal. Jadi, sepeda motor yang parkir di sini pun  bisa diatur rapi,” cerita Toha.

Guna menjaga lahan parkir tersebut,  Toha ditugaskan dengan dua orang rekannya yakni Mulyadi dan Iwan Sanusi.  “Kami jaga di sini sejak pagi sampai malam. Hanya satu sift,” tutur Toha.

Sebagai penjaga parkir, Toha mendapat gaji setiap bulanya. “Lumayan Mas, terima gaji sesuai UMR (Upah Minimum Regional-red) Rp 2.700,” ucap Toha tersenyum lebar.

Hal tersebut dibenarkan oleh Iwan Sanusi, rekan kerja Toha. “Terkadang kalau ada pemilik motor yang baik hati, uang kembalian tidak mau diambil. Misalnya, uangnya lembaran Rp 10.000, bayar parkir Rp 6.000 dan ada kembalian Rp 4.000 diberikan kepada kita,” ujar Sanusi  tersipu malu.

Oleh karena, mereka bertugas belum ada sift sehingga parkir sepeda motor hanya sampai pukul 21:00 WIB. “Kalau sampai lurat malam, kita khawatir ada sepeda motor yang hilang. Kita tidak kuat, Mas. Selama ini, Alhamdulillah tidak ada masalah, aman,” imbuh Sanusi. (ril)   


Post a Comment

0 Comments